Mereka Memanjatkan Doa di Kuburan Massal Uleehleu

WAJAH wajah sendu itu melantunkan Asma Allah berupa Suraah Yaasin dengan suara perjahan dan tercekat. Matahari memanggang di atas kepala. Dua jam lagi menjelang gerhana melanda Banda Aceh, Kamis (26/12/2019). Ada yang mengglar tikar atau sajadah, ada yang duduk di tepian jalan, atau bahkan bersimouh di tengah lapangan di bawah sinar mentari yang mulai terik. … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

WAJAH wajah sendu itu melantunkan Asma Allah berupa Suraah Yaasin dengan suara perjahan dan tercekat. Matahari memanggang di atas kepala. Dua jam lagi menjelang gerhana melanda Banda Aceh, Kamis (26/12/2019). Ada yang mengglar tikar atau sajadah, ada yang duduk di tepian jalan, atau bahkan bersimouh di tengah lapangan di bawah sinar mentari yang mulai terik.

Itulah secuil pemandangan di Kuburan Massal korban tsunami di Ulelheu, Banda Aceh. Mereka ada yang datang dari luar kota, seperti Sabang, Birueun atau kota lainnya Namun semuanya memiliki jalur kekerabatan dengan warga seputaran pesisir Ulehue, seperti Gampong Deah Glumpang, Gampong Pie, Blang Oi atau lainnya hang merupakan kawasan terparah bencana tsunami.

Mereka tak pernah menemukan lagi family atau kerabat sejenak tsunami menggulung Aceh. Mereka hanya berfirasat jika para kerabatnya dikebumikan di Makam massal korban tsunami di Uleelheu itu. Hal yang sama yang terjadi pada makam massal tsunami lainnya di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar, seperti di Siron, atau Lhoknga.

Sarmila (45) seorang wanita penduduk Sabang, yang ditemui Acehherald.com di pekuburan Uleelheu, menatakan, ia adalah warga asli eah Glumpang, namun kini tinggal di Sabang. Ia memanjatakan doa di kuburan massal  Ulelhue, karena memerkirakan ada jasad kerabatnya di kawasan itu. “Toh kita bisa mrmanjatkan doa dimanapun, tapi hari ini kami berziarah, dengan harapan ada keluarga kami korban tsunami di sini,” kata wanita itu dengan wajah tertekuk sendu.

 

Penulis                 : Ibrahim Sihombing

Foto                       : Ibrahim Sihombing

Baca Juga:  Bupati Aceh Selatan Dan Kanwil Kemenkumham Aceh Tinjau Kesiapan Kantor UKK Imigrasi

Berita Terkini

Haba Nanggroe