Likok Pulo Dance Meriahkan Pembukaan Aceh Surfing Championship 2019

    LHOKNGA, ACEHHERALD.com – Pelaksanaan Aceh Surfing Championship 2019 di Babah Kuala Mon Ikeun Lhoknga, Aceh Besar tahun ini jauh lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pembukaan even yang sudah brtaraf nasional dimeriahkan dengan tarian etnik Likok Pulo. Kecuali menghadirkan peselancar profesional tingkat nasional dari berbagai kota di Indonesia, ternyata mulai tahun ini Kementerian Pariwisata … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

 

 

LHOKNGA, ACEHHERALD.com – Pelaksanaan Aceh Surfing Championship 2019 di Babah Kuala Mon Ikeun Lhoknga, Aceh Besar tahun ini jauh lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pembukaan even yang sudah brtaraf nasional dimeriahkan dengan tarian etnik Likok Pulo.

Kecuali menghadirkan peselancar profesional tingkat nasional dari   berbagai kota di Indonesia, ternyata mulai tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah memberi dukungan penuh untuk terselenggaranya event nasional tersebut.

.Pengatur tata tari (kreografer), Sarjev mengaku dengan adanya suntikan dana dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  kini peserta yang bertarung di Babah Kuala pun semakin termotivasi, terutama peselancar lokal.

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali ikut mempesijuk para peserta surfing se Indonesia juga tamu mancanegara.

Tarian Likok Pulo yang disuguhkan pada pembukaan , menurut Sarjev dikemas secara khusus dengan mengadopsi media air sebagai pendukung utama. Hl ini didukung dengan kehadirran olahraga surfing yang menggunakan ombak.

Apalagi. tambahnya, rute Lhoknga – Pulo Aceh merupakan jalan nelayan tradional yang bermkim di Pulo Aceh menuju ke daratan Aceh. Berdasarkan goyangan ombak bagi anak laut ini telah memberi inspirasi lahirnya Tarian Likok Pulo yang kini sudah menjadi ikon baru seni tari Aceh di belantera seni nasional.

Untuk itulah, pada pembukaan Aceh Surfing Championship 2019, kita mencoba kolaborasi antara surfing dengan Likok Pulo Dance. Dan hasilnya luar biasa. Tepuk tangan membana di antara riuhnya ombak pantai dan musik yang mengiringi kejuaraan selancar ini selama 15 menit.

penulis /editor  : M Nasir Yusuf

Baca Juga:  Cegah Karhutla, Rocky Pimpin Apel Gabungan

Berita Terkini

Haba Nanggroe