Ada Tengkorak Misterius, Pembangunan Eks Warnet Distop

INDRAMAYU, ACEH HERALD.com – Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) tengah meneliti penemuan tengkorak manusia yang berada di lokasi bekas warnet di Jalan Wiralodra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Penemuan tengkorak manusia yang masih misterius itu mengundang perhatian Pemkab Indramayu. Bupati Indramayu Supendi meninjau langsung ke lokasi penemuan tengkorak. Supendi juga mendukung agar dilakukan penelitian lebih lanjut terkait … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

INDRAMAYU, ACEH HERALD.com – Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) tengah meneliti penemuan tengkorak manusia yang berada di lokasi bekas warnet di Jalan Wiralodra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Penemuan tengkorak manusia yang masih misterius itu mengundang perhatian Pemkab Indramayu.

Bupati Indramayu Supendi meninjau langsung ke lokasi penemuan tengkorak. Supendi juga mendukung agar dilakukan penelitian lebih lanjut terkait penemuan tersebut.

“Saya sangat mendukung agar dilakukan penelitian secara arkeologis. Silakan libatkan peneliti yang kompeten agar sejarah dan latar belakangnya bisa terungkap,” kata Supendi dalam rilis yang diterima detikcom dan disiarkan Aceh Herald.com, Sabtu (5/10/2019).

Supendi juga meminta agar pemilik lahan menghentikan sementara aktivitas pengerjaan di lokasi temuan tengkorak itu. Sekadar diketahui, rencananya pemilik lahan membangun pencucian kendaraan bermotor di lokasi bekas bangunan warnet itu. “Ya kami minta pengerjaan di sini dihentikan sementara. Karena kalau ada temuan lain, maka akan ada prosedur lanjutan terkait penanganan lahan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TACB Kabupaten Indramayu Dedy S Musashi mengaku sudah berkoordinasi dengan Balai Arkeologi Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya di Serang, Banten. “Rencananya pekan depan Tim Balai Arkeogi Bandung ke lokasi penemuan,” kata Dedy.

Dari hasil pemeriksaan awal, Dedy memprediksi lokasi penemuan tengkorak misterius itu merupakan kawasan pemakaman. Sebab, temuan tersebut terbilang masih insite atau tidak berubah tempat.

“Bisa jadi temuan tersebut merupakan lokasi pemakaman dalam sebuah kawasan permukiman kuno. Kemudian, lokasinya sekitar 20 meter dari Makam Wiralodra II dan makam atau Bong China, masih satu kawasan. Ini menarik,” katanya.

Dedy menduga lokasi penemuan tengkorak tersebut merupakan kawasan Brang Wetan, kawasan pedukuhan yang berada Bengawan Cimanyk Wetan. “Ini bagi arkeolog merupakan temuan yang menarik. Bisa jadi ini kawasan permukiman Brang Wetan yang lokasinya berada di pinggir sungai Cimanuk,” kata Dedy.

Baca Juga:  Di Tapaktuan, Pengendara Tak Bermasker Bersihkan Halaman Masjid
editor : M Nasir Yusuf

Berita Terkini

Haba Nanggroe