Sabtu, Januari 22, 2022

Tuntutan Kejelian Atas Lobang Lini Belakang Gajah Perang

Sebuah drama kala Indonesia merayakan gol ke gawang Singapura di babak semifinal.

PIALA AFF 2020 petang ini menghelat babak final leg ke-1 yang mempertemukan dua tim yang paling banyak merangsek ke final. Indonesia yang memasuki final ke enam, namun tanpa gelar satupun. Sementara pasukan Gajah Perang Thailand merupakan final yang kesembilan kali dari gelaran turnamen sepakbola negara Asia Tenggara ini sejak tahun 1996.

Dari delapan kali final itu, Gajah Perang merauplima titel jawara, dan tiga kali gagal. Yaitu ketika dihempaskan Singapura dua kali serta pasukan Vietnam satu kali.

Fiala AFF yang berlangsung di tengah isu pandemi kali ini juga terasa penuh drama, salah satunya adalah pengunduran diri pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yosida, sejenak pasukannya gagal merengkuh final karena dikalahkan oleh skuat Garuda dengan skor 4-2 pada leg 2 dalam laga semifinal yang dramatis.

Semifinal yang penuh drama itu juga ditangisi dan diwarnai sesal mendalam Faris Ramli akibat gagal mengeksekusi penalty, sekaligus mengubur mimpi final Singapura, karena tampil dengan sembilan pemain.

Final itu akan dilangsungkan di National Stadium Singapura dengan waku kick off pukul 20.30 waktu Singapura nanti malam.

 

Leg kedua antara Indonesia dan Thailand diadakan pada 1 Januari. Sementara banderol tiket adalah seharga $25 untuk dewasa dan $15 untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah. Jika dikalikan dengan kurs dolar singapura hari ini, nilai tiket itu mencapai sekitar Rp 270 ribu lebih untuk dewasa dan Rp 170 ribu untuk anak anak.

 

Fans juga dapat menghubungi hotline Ticketmaster (+65 3158 8588) mulai pukul 10 pagi dan seterusnya untuk mendapatkan tiket mereka.

Sementara tiket untuk leg kedua akan dimulai pada hari Kamis besok mulai pukul 12 siang.

 

Tiket diberikan setelah calon penonton menunjukkan bukti vaksinasi penuh dan menyelesaikan pemeriksaan tas wajib. Pengembalian dana tidak akan dilayani kepada mereka yang gagal memberikan bukti vaksinasi.

 

Seperti dilaporkan beberapa media Singapura, hari ini, final Piala Suzuki AFF tidak asing bagi Thailand dan Indonesia.Keduanya paling banyak berjaya ke pusingan akhir kejohanan ini dalam kalangan 10 negara Asia Tenggara peserta turnamen.

Namun, Thailand sering berjaya di peringkat final sedang Indonesia belum pernah sekali pun.

Namun media Singapura melihat kali ini, ekspektasi terasa lebih tinggi terhadap skuad Garuda. Karena inilah final ke enam, selain itu materi tim juga dinilai lebih siap, dengan arsitek Shin Tae Yong, mantan skuat Piala Dunia Korsel.

Shin Tae Yong berharap pengalaman luas atau aura yang ia rengkuh saat memenangi tropi kala menjadi pemain dapat mempengaruhi anak buahnya untuk membawa pulang trofi berprestij Asia Tenggara itu dalam laga final ke enam tersebut.

Sejujurnya, saya mahu kami menjadi juara kali ini. Tapi, merangkul kejuaraan bukan sesuatu yang berlaku dengan sendirinya. Untuk menjadi juara, kami harus melakukan yang terbaik dalam segala-galanya apabila bermain di padang,” demikian pernyataan Tae Yong, saat konferensi media, tadi malam.

“Sebagai ketua jurulatih, saya telah menjadi juara lebih 20 kali dan daripada pengalaman ini, saya mahu menggunakan strategi sama, menerapkan mentaliti (kuat) sama dalam pemain dan cuba menjadi juara kali ini,” kata warga Korea Selatan itu dalam sidang media praperlawanan semalam, seperti dilaporkan Straigt Times.

Seperti diprediksi, Tae Yong tak akan ambil risiko dalam laga final ini. Ia langsung tancap gas dengan materi terbaik, termasuk memasukkan Egy Maulana Vikri dalam starting eleven.

Egy Maulana sendiri kepada awak media mengatakan ia bersama Garuda akan tampil fight melawan Thailand yang dikenal spartan serta punya endurance di atas rata rata. “Walau Indonesia telah kalah dalam tiga kali final sebelumnya, tak ada sedikitpun alasan kami takut di lapangan hijau. Kami tampil 100 persen, walau banyak yang berpikir Thailand lebih diunggulkan. Ingat bola itu bundar, semuanya bisa terjadi,” kata Eggy.

Sementara juru latih Thailand Alexandre Polking telah menginstruksikan pasukannya untuk terus fokus pada sasaran, membawa pulang kembali Piala Suzuki 2020. “Kami tak perduli dengan komentar orang seakan kami telah membawa pulang tropi. Semua lawan kuat dan kami harus fokus,” tandas Mano Polking, pria kelahiran Jerman itu.

Thailand akan tampil malam ini tanpa dua pemain utama – penjaga gol utama mereka Chatchai Budprom, yang mengalami cedera lutut, dan pemain bek kiri Theerathon Bunmanthan, yang terkena akumulasi kartu kuning.

Sementara pemain bek kiri Indonesia, Pratama Arhan juga akan gagal tampil dalam leg pertama nanti malam karena menerima dua kartu kuning dalam dua laga.

Bagi Indonesia, cedera itu seakan menyisakan asa lebih untuk meraih yang terbaik. Karena lini belakang Thailand terkenal sangat solid, dan hanya kebobolan satu gol sepanjang turnamen. Kiper Budprom dan Therathoon adalah bagian dari pendukung utama kesolidan itu. Namun harus juga diingat, tampil dengan lawan yang menganga lini pertahannya akibat kartu merah, Egy Maulana, bahkan nyaris keok. Dan nanti malam, sebuah tanya mengambang, mampukah Indonesia memanfaatkan lubang di lini belakang lawan itu?

Perkiraan susunan pemain;

Indonesia

Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Edo Febriansyah, Egy Maulana Vikri, Rachmat Irianto, Rikcy Kambuaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian.

Thailand

Siwarak Tedsungnoen, Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Tritan Do, Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suengchitthawon, Sarach Yooyen; Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, Supachok Sarachat.

- Advertisement -

Related Articles

BANDA ACEH I ACEH HERALD WAKIL Bupati Bener Meriah Dailami, didampingi Kadis PUPR melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Aceh...

Polres Lhokseumawe Santuni Puluhan Anak Yatim

LHOKSEUMAWE | ACEH HERALD.com- Polres Lhokseumawe menyantuni puluhan anak yatim piatu dalam program Jumat Berkah Berbagi dan Peduli yang dilaksanakan di Masjid Baitannur, Desa Mane...

Tagar #SundaTanpaPDIP Ramai Beredar di Jagat Twitter

JAKARTA | ACEH HERALD.com- Tagar #SundaTanpaPDIP ramai beredar di jagat Twitter pasca pernyataan kontrovesial anggota DPR-RI dari partai berlambang banteng moncong putih, Arteria Dahlan, pada...
- Advertisement -

Ikuti Kami

22,018FansSuka
0PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan

Berita Terbaru

BANDA ACEH I ACEH HERALD WAKIL Bupati Bener Meriah Dailami, didampingi Kadis PUPR melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Aceh...

Polres Lhokseumawe Santuni Puluhan Anak Yatim

LHOKSEUMAWE | ACEH HERALD.com- Polres Lhokseumawe menyantuni puluhan anak yatim piatu dalam program Jumat Berkah Berbagi dan Peduli yang dilaksanakan di Masjid Baitannur, Desa Mane...

Tagar #SundaTanpaPDIP Ramai Beredar di Jagat Twitter

JAKARTA | ACEH HERALD.com- Tagar #SundaTanpaPDIP ramai beredar di jagat Twitter pasca pernyataan kontrovesial anggota DPR-RI dari partai berlambang banteng moncong putih, Arteria Dahlan, pada...

Jakarta Segera Miliki Stadion Sepakbola Kelas Internasional

JAKARTA | ACEH HERALD.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara bisa selesai...

AS Puji Kemurahan Hati Rakyat Aceh dalam Menolong Pengungsi Rohingya

BANDA ACEH | ACEH HERALD.com– Amerika Serikat ecara terbuka memberikan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Aceh dalam pengendalian Covid-19 dan juga secara khusus memuji kemurahan hati...
- Advertisement -