SMA 1 Matangkuli Model Sekolah Tanggap Bencana

  LHOKSUKON I ACEH HERALD.com Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara menggelar sosialisasi Gerakan Pelajar Tangguh Bencana ( PETANA ) di SMAN 1 Matangkuli, Senin 20 Januari 2020. Program ini merupakan gagasan BPBD Kabupaten Aceh Utara sebagai bukti kepedulian Pemerintah Aceh Utara terhadap tanggap dalam penanggulangan bencana. Kalaksa BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

 

LHOKSUKON I ACEH HERALD.com
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara menggelar sosialisasi Gerakan Pelajar Tangguh Bencana ( PETANA ) di SMAN 1 Matangkuli, Senin 20 Januari 2020.
Program ini merupakan gagasan BPBD Kabupaten Aceh Utara sebagai bukti kepedulian Pemerintah Aceh Utara terhadap tanggap dalam penanggulangan bencana.
Kalaksa BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah mengatakan, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintahan pusat yang tertuang dalam Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, melalui upaya proaktif dalam mengelola bencana.
Dikatakan, Matangkuli salah satu kecamatan yang rawan bencana banjir setiap tahunnya, oleh karena itu diperlukan sebuah upaya tanggap terhadap musibah yang selalu menyertai pelajar dan warga disana.
Menurutnya bencana bukan hanya tugas dan tanggungjawab BPBD saja, tetapi semua pihak ikut terlibat dan wajib menyiapkan diri dengan sigap untuk menghadapi bencana.
“Bencana tak bisa dihindari, kapan dan dimana saja bisa terjadi, maka kita harus selalu waspada terhadap datangnya bencana itu. Pelajar harus menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana di daerah sekitarnya.” sebut Amir Hamzah.
Menurut Amir Hamzah, BPBD memiliki tiga tugas utama yaitu Pra bencana, Saat bencana dan Pasca bencana.
Kepala SMAN 1 Matangkuli, Drs, Ridwan, M.S.M. bersyukur dan berterimakasih kepada Kalaksa BPBD bersedia menjadi pembina upacara sekaligus mensosialisasikan tanggap bencana bagi pelajar dibawah naungannya.
“Ini merupakan kunjungan perdana Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara ke sekolah kami. Saya sebagai pimpinan sekolah sangat berterimakasih dan berharap SMAN 1 Matangkuli dapat menjadi model bagi sekolah yang tanggap bencana”, jelasnya.
Dalam kunjungan tersebut turut dihadiri Komandan Rescue BPBD Darsa, S. Sos dan Wadan SAR Aceh Utara Edo serta para dewan guru.

Baca Juga:  Terprovokasi Ingin Jadi Tentara Aceh Merdeka (TAM), RA Bakar Bendera Merah Putih

Penulis : Yuswardi/ Lhokseumawe, Aceh Utara

Berita Terkini

Haba Nanggroe