Sabang Membludak, Kapal Aceh Hebat Berlayar Hingga Dinihari

Akibat lonjakan penumpang, KMP Aceh Hebat menambah prekuensi pelayaraanya menjadi 3 kali PP, Balohan-Olelheu. Bahkan operasional itu berlangsung hingga dinihari, saat trip terakhir Aceh Hebat menuju Olelheu, seperti dilaporkan wartawan acehherakd.com Erlizar Rusli, dinihari tadi.
Antrean Sepmor di Pelabuhan Balohan. Foto Erlizar.

Iklan Baris

Lensa Warga

SABANG I ACEHHERALD.com – Pulau Weh dibanjiri wisatawan lokal dari kabupaten kota di Provinsi Aceh maupun wisatawan lintas propinsi dari Medan. Hal ini terpantau di lokasi Pelabuhan Balohan Sabang sampai pukul 00.00 WIB, antrean panjang kendaraan dan penumpang terjadi di Pelabuhan Balohan Sabang, hingga Selasa (09/07/2024) dinihari tadi.

Menurut pantauan acehherald.com antrean mengular mencapai ratusan kendaraan roda empat  yang akan menyeberang menuju Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Antrean panjang ini terjadi karena kunjungan ke Sabang yang begitu membeludak. Bahkan kapal lambat Aceh Hebat 2 yang telah menambah jadwal penyeberangannya, tetap belum bisa menuntaskan anteram tersebut, seperti diakui seorang petugas pintu tiket, dinihari tadi.

Kondisi itu terasa makin runyam, karena hanya satu kapal lambat yang melayari rute Sabang-Olelheu, akibat KMP BRR telah nyaris menjadi besi tua.

Akibat lonjakan penumpang, KMP Aceh Hebat menambah prekuensi pelayaraanya menjadi 3 kali PP, Balohan-Olelheu. Bahkan operasional itu berlangsung hingga dinihari, saat trip terakhir Aceh Hebat menuju Olelheu, seperti dilaporkan wartawan acehherakd.com Erlizar Rusli, dinihari tadi.

Atrean mobil di Pelabuhan Balohan. Foto Erlizar

Erlizar menuju ke Sabang, Senin (09/07/2024) untuk mengikuti jadwal sidang di pengadilan. Namun sosok pengacara itu gagal mendapatkan tiket pulang ke Banda Aceh hingga petang. Barulah pada dinihari tadi, ia berhasil naik kapal.

Berdasarkan jadwal penyeberangan kapal lambat  berlayar tiga kali sehari dari Pelabuhan ulee lheue Banda Aceh dan  pukul 07.30, 13.30 dan 19.30  sedangkan jadwal dari Balohan Sabang pukul 10.30, 16.30 dan 22.00 WIB, namun karena membuludaknya penumpang yang akan menyeberang menuju Banda Aceh  menggunakan mobil menyebabkan terjadi pergeseran jadwal penyeberangan.

Sampai  pukul 00.00 WIB kondisi antrean mobil yang akan masuk ke kapal penyeberangan menuju Banda Aceh masih antri menunggu kapal dan kemungkinan sampai besok malam tanggal 9 Juli 2024 mobil tidak bisa terangkut semua menuju Pelabuhan Ulee Lhuee karena jumlah  mobil yang bisa diangkut dengan KMP Aceh Hebat 2 sangat terbatas tidak sebanding dengan jumlah mobil dan motor yang antre, KMP Aceh Habat 2 bisa menampung sekira tiga puluh mobil kendaraan pribadi apabila tidak ada sepeda motor roda dua, namun roda dua juga banyak yang antre. Warga berharap pada saat musim padat seperti kala ini, Pemerintah Aceh bisa mengupayakan tambahan kapal lambat.

Baca Juga:  Malam Ini, Kesempatan Spanyol untuk Lolos Kualifikasi Euro 2020

Walaupun saat ini rute Sabang-Banda Aceh juga dilayari beberapa unit kapal cepat.

 

Penulis: Erlizar Rusli SH MH

Kata Kunci (Tags):
sabang, kapal lambat, kapal cepat, feri

Berita Terkini

Haba Nanggroe