Pastikan Stok dan Harga Jelang Ramadhan, Pemkab dan BPS Aceh Besar Tinjau Pasar Induk Lambaro

"Peninjauan ini dilakukan untuk memantau ketersediaan serta memastikan harga bahan pokok kebutuhan sehari-hari dalam keadaan stabil, terlebih lagi menjelang bulan puasa nanti," ucapnya.
Asisten II Sekda ACeh Besar, M Ali dan tim menyaksikan transaksi di Pasar Induk Lambaro. Foto MC Aceh Besar.

Iklan Baris

Lensa Warga

KOTA JANTHO I ACEHHERALD.com – Pastikan stok dan harga kebutuhan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H tetap stabil, Pj Bupati Aceh Besar diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Aceh Besar M. Ali S.Sos. MSi didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar Trizna Darma ST dan Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Alyadi SPi, MM serta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Besar Irnanto,ST MM, melakukan peninjauan ke Pasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Jum’at (23/2/2024).

Pada kesempatan itu, Asisten II Sekdakab M Ali mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan di Pasar Induk Lambaro, secara umum harga serta ketersediaan sembako dan bahan penting lainnya masih stabil. “Peninjauan ini dilakukan untuk memantau ketersediaan serta memastikan harga bahan pokok kebutuhan sehari-hari dalam keadaan stabil, terlebih lagi menjelang bulan puasa nanti,” ucapnya.
Dari hasil pantauan tersebut, harga berbagai macam bahan pokok tidak ada yang mengalami kenaikan signifikan, dari beberapa pedagang yang ditemui mengungkapkan jika harga barang sama dan masih stabil kecuali cabai merah yang sebelumnya berkisar R 45?ribu hingga Rp 48 ribu perkilo gram hari ini naik di angka Rp 70.000 perkilo gram. “Alhamdulilah untuk ketersediaan stok sembako selama bulan puasa nanti dapat dipastikan aman dan mencukupi, kita akan pantau terus perkembangannya,” ucapnya.

Untuk itu, M Ali mengimbau seluruh pedagang maupun distributor agar tidak menaikan harga bahan pokok yang tidak sesuai dengan ketentuan, hingga dapat merugikan masyarakat. Ia juga menegaskan agar tidak ada aksi penimbunan sembako oleh oknum manapun, karena jika kedapatan tentu akan kena sanksi tegas. :”Dan penting untuk diingat agar dalam membuat makanan (buka puasa) untuk tidak menggunakan bahan-bahan berformalin atau sejenisnya,” tandas M Ali..

Baca Juga:  Gubernur Aceh Terima Anugerah Sahabat LKBN Antara 2021

Sementara itu, Plt Kadiskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma ST berharap agar sidak ini dapat memberikan dampak positif untuk ketersediaan bahan pangan selama bulan puasa nanti dan dapat memonitor stabilitas harga bahan pokok yang tidak memberatkan kantong masyarakat.
“Secara umum harga masih normal, stok sembako pun tersedia untuk bulan ramadhan sampai hari raya idul fitri mendatang, dan dari hasil pemantauan juga tidak ditemukan penimbunan stok bahan pokok,” pungkas Trizna.

Adapun harga berbagai sembako yang dilakukan pengecekan hari ini di pasar Induk Lambaro, antara lain, tomat Rp. 18.000/kg, bawang merah Rp. 35.000 – 40.000/kg, cabe merah Rp. 70.000/kg, cabe rawit Rp. 35.000/kg, kentang Rp. 18.000/kg, ayam potong Rp. 27.800/kg atau Rp. 68.000/potong, telur Rp. 44.000 – 46.000/papan, gula Rp. 16.400/kg dan minyak curah Rp. 15.000/kg, sedangkan beras medium Rp. 23.000/bambu, beras premium Rp. 24.000/bambu dan beras super premium Rp. 25.000/bambu. (**)

Kata Kunci (Tags):
sembako ramadhan, pasar induk lambaro, harga stabil, beras cukup

Berita Terkini

Haba Nanggroe