Ketua Umum PB Ferkushi Tinjau Venue Kurash PON di JSC

KOTA JANTHO I ACEHHERALD.com – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi), Mayjen TNI (Purn) Teuku Abdul Hafil Fuddin SH SIP MH, Jumat (12/08/2023), meninjau venue cabang olahraga Kurash untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho. “Alhamdulillah, kita telah melihat langsung lokasi venue Kurash yang sudah dikoordinasikan … Read more

Ketua PB Kurash Mayjen TNI (Purn) Hafil (dua dari kanan) sedang mencatat kondisi bakal venus Kurash di JSC, Jumat (11/08/2023). Foto Ist

Iklan Baris

Lensa Warga

KOTA JANTHO I ACEHHERALD.com – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi), Mayjen TNI (Purn) Teuku Abdul Hafil Fuddin SH SIP MH, Jumat (12/08/2023), meninjau venue cabang olahraga Kurash untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho. “Alhamdulillah, kita telah melihat langsung lokasi venue Kurash yang sudah dikoordinasikan dengan PB PON dan KONI Pusat di Gedung JSC Kota Jantho. Lokasi itu sangat layak untuk dijadikan sebagai arena tanding Cabor Kurash,” kata Hafil kepada acehherald.com sejenak meninjau lokasi.

Dalam kesempatan peninjauan yang juga sempat dikordinasikan dengan Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM itu, Hafil yang didampingi pegiat Kurash Aceh, Fery Suverilla, juga melakukan koordinasi dengan beberapa Kepala OPD di Aceh Besar, antara lain Kadisparpora Abdullah SSos, Kadis PUPR Ir Syahrial dan Kadistan Ir M Jafar MP.

Lapangan utama JSC, lokasi venue Cabor Kurash PON 2024. Foto Ist

Hafil yang mantan Pangdam IM itu memberikan beberapa pesan untuk pihak terkait di Aceh Besar, menyangkut fasilitas pendukung untuk venue kurash PON 2024. Antara lain fasilitas air bersih serta masalah penginapan para atlet serta ofisial nantinya. “Masalah fasilitas inti telah dicatat oleh PB PON serta perwakilan KONI Pusat dan Menpora yang telah mengunjungi langsung JSC, sebagai salah satu venue PON 2024. Termasuk rencana rehab JSC hingga benar benar layak untuk standar PON serta bahkan pertandingan internasional atau regional sekalipun,” tandas Hafil.

Lokasi venue Cabor Kurash itu berada di gedung utama komplek Jantho Sport City yang terletak di pusat Kota Jantho. Komplek yang terhitung representatif itu, sebelumnya dipakai untuk main stadium Pekan Olahraga Aceh (PORA) tahun 2018, tepatnya di Bulan Nopember.

Baca Juga:  Disdik Aceh Gelar Bimtek Pengelola Website
Komplek JSC Kota Jantho. Foto Ist

Selain main stadium di Komplek JSC, juga tersedia wisma atlet serta hall pertemuan, yang letaknya tak jauh dari JSC. Dengan kondisi tersebut, JSC terhitung layak untuk dijadikan venue Cabor Kurash PON 2024. “Dalam waktu dekat pemerintah segera membenahi total JSC untuk kelayakan menjadi venue PON. Kita berharap pihak terkait di Aceh Besar juga mendampingi dengan fasilitas pendukung, agar venue ini benar benar maksimal fungsinya,” pungkas Hafil.

Aceh Besar juga menjadi tuan rumah untuk beberapa Cabor lain dalam PON 2024, yaitu Dayung di Waduk Keuliling, Aero sport (para layang dan terjun payung), menembak (outdoor), dan selancar ombak.

Berita Terkini

Haba Nanggroe