Dua Sahabat Di Tempat Berbeda, Bahtiar Pj Gub Sulsel, Imran Pj Walikota Lhokseumawe

“Dr Imran sahabat Saya. Dan kini, Saya kehilangan seorang sahabat saat ia menjadi Pj Walikota Lhokseumawe” demikian antara lain sepenggal suara hati yang tulus dan seadanya dari Dirjen Pol dan PUM Kemendagri Dr Drs Bahtiar saat membuka acara Forum Kelembagaan Asistensi Demokrasi di Daerah, Jumat (16/6/2023) nyaris tiga bulan silam, di Gedung Multipurpose eks PT … Read more

Dua sahabat berpose sejenak Bahtiar Baharuddin (kiri) dilantik menjadi Pj Gubernur Sulsel. Foto Ist

Iklan Baris

Lensa Warga

“Dr Imran sahabat Saya. Dan kini, Saya kehilangan seorang sahabat saat ia menjadi Pj Walikota Lhokseumawe” demikian antara lain sepenggal suara hati yang tulus dan seadanya dari Dirjen Pol dan PUM Kemendagri Dr Drs Bahtiar saat membuka acara Forum Kelembagaan Asistensi Demokrasi di Daerah, Jumat (16/6/2023) nyaris tiga bulan silam, di Gedung Multipurpose eks PT Arun, di Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.
Ada apa sebenarnya antara Dr Bahtiar dengan Dr Imran, hingga secara terbuka sang Dirjen Pol dan PUM menyatakan itu secara terbuka di depan forum, menghilangkan sekat hirarki yang sering didewakan segilintir orang.

Ternyata kedua figur ini telah lama berada dalam satu atap pada salah satu Departemen Kemendagri. Bahtiar sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dan Dr Drs Imran M.Si MA sebagai Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum di Kemendagri juga. Keduanya menjadi kompatriot utama di Ditjen Pol dan PUM sekaligus motor utama di lembaga itu.
Bahtiar Baharuddin, M.Si. lahir pada tanggal 16 Januari 1973. Ia adalah birokrat Indonesia asal Bone, Sulawesi Selatan. Bahtiar adalah seorang pejabat madya atau pejabat eselon I di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Setahun lebih ‘ditinggalkan’ sang Sekretaris, ‘the bos’ Bahtiar akhirnya meniti nasib di luar markas. Tepat pada tanggal 5 September 2023, pria yang supel ini diangkat menjadi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan. Keduanya keluar sejenak dari sarang, menuju medan tugas mengamban amanah, satu sebagai Pj Gubernur, satu sebagai Pj Walikota.
Kepada Acehherald.com saat acara lounching 10 juta bendera merah putih di lapangan Hiraq Lhokseumawe, Bahtiar  mengaku sangat dekat dengan Aceh, sebab ia sering ke Banda Aceh. Dan khusus untuk Lhokseumawe baru pertama ia datangi.
Lalu searah jarum jam yang terus berputar maka Bahtiar pada hari Selasa (5/9/2023) dilantik oleh Mendagri menjadi Pj Gubernur Sulawesi Selatan. Sang kompatriot, Pj Walikota Lhokseumawe Dr Imran memberi ucapan selamat pada sahabatnya itu. Ia hadir pada pelantikan di Jakarta.
Ahirnya dua sahabat dekat itu menempuh jalan beda jalur, mengemban amanah untuk sebuah cita cita mewujudkan kemaslahatan di medan tugas masing-masing. Rakyat menanti dengan segala asa dan ekspektasi.

Baca Juga:  Imran Perintahkan Pol PP Lakukan Penertiban * Januari Harus Tuntas

Penulis: Yuswardi

Berita Terkini

Haba Nanggroe