9 Kepala Negara yang Hadir dalam Pelantikan Presiden 2019 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Inilah 9 Kepala Negara yang Hadir dalam Pelantikan Presiden 2019

Perdana Menteri Singapura Lee Hsioen Loong salami Presiden Indonesia, Joko  Widodo (ANTARA FOTO) JAKARTA, ACEH HERALD.com – Sebanyak 9 kepala negara hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Minggu (20/10/2019) di Gedung Parlemen, Jakarta. Kesembilan kepala negara tersebut adalah PM Australia, PM Singapura, PM Malaysia, Sultan Brunei Darussalam, Raja Eswantini, … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

Perdana Menteri Singapura Lee Hsioen Loong salami Presiden Indonesia, Joko  Widodo (ANTARA FOTO)

JAKARTA, ACEH HERALD.com – Sebanyak 9 kepala negara hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Minggu (20/10/2019) di Gedung Parlemen, Jakarta.

Kesembilan kepala negara tersebut adalah PM Australia, PM Singapura, PM Malaysia, Sultan Brunei Darussalam, Raja Eswantini, PM Kamboja, Wapres Vietnam, Wapres Myanmar, dan Wapres China.

Selain kesembilan kepala negara tersebut, terdapat 7 utusan khusus dari beberapa negara, seperti Thailand, Amerika Serikat, Laos, Filipina, Uni Emirat Arab, dan Jepang.

Perdana Menteri Australia Perdana Menteri Australia Scott Morisson hadir pada  pelantikan Jokowi-Ma’ruf, didampingi oleh istrinya, Jenny Morrison dengan menggunakan pakaian berwarna hitam.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsioen Loong,  Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad termasuk dalam daftar nama kepala negara yang menghadiri pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Politisi berusia 94 tahun didampingi oleh istrinya Siti Hasmah.

Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah juga menghadiri acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Nama Bolkiah sendiri menjadi salah satu raja terkaya di dunia, mengalahkan Raja Salman, kekayaannya diperkirakan mencapai 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 285 triliun.

Raja Eswatini Raja Mswati 3 juga turut hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma’ruf.  Eswatini merupakan sebuah negara kecil di Afrika Selatan yang terletak di antara Afrika Selatan dan Mozambik. Negara yang meraih kemerdekaannya pada tahun 1968 itu semula bernama Swaziland. Penggantian nama Swaziland menjadi Eswatini dilakukan pada perayaan setengah abad kemerdekaan negara itu, April 2018 lalu.

Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen turut serta dalam pelantikan presiden di Gedung Parlemen. Kamboja merupakan salah satu negara sahabat Indonesia. Hubungan dekat kedua negeri ini terlihat dari sejumlah kerja sama yang dijalin. Di awal 2019 lalu, Indonesia dan Kamboja sepakat untuk saling mempromosikan wisata.

Baca Juga:  Abdullah Gantikan Ismail PAW Partai Aceh di DPRK Lhokseumawe

Wakil Presiden China Wang Qishan telah berada di Indonesia sebelum acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Sebelum menghadiri acara pelantikan, Wang mengunjungi Istana Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (19/10/2019) siang. Selain itu, Wang juga berkunjung ke Kota Solo dan bertemu dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo beserta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Wakil Presiden Vietnam Wakil Presiden Vietnam Nguyen Luong Bang juga hadir dalam acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Vietnam sendiri memiliki kerja sama dengan Indonesia dalam sejumlah sektor. Di tahun 2017, kedua negara ini menandatangani nota kerjasama dalam 5 bidang, yaitu pendidikan, pembangunan pedesaan, pemanfaatan batu bara dan gas, hukum, dan peningkatan keamanan laut.

sumber : kompas.com

Berita Terkini

Haba Nanggroe