Wisata Aceh Rebut Dua Gelar Juara Anugerah Pesona Indonesia 2019

  JAKARTA, ACEHHERALD.com – Dua obyek wisata di Aceh yang dikemas dan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan Pemerintah Kota Langsa berhasil mendapat perhatian dan sekaligus penghargaan dari Pemerintah Pusat tahun 2019. Kedua obyek wisata yang meraih gelar juara Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 itu masing-masing Air Terjun Bidin Tensaran (Bener Meriah) dengan kategori “Surga … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

Salah satu bangunan yang menarik pengunjung di kawasan Taman Hutan Manggrove, Kota Langsa. FOTO KISSWOYO

 

JAKARTA, ACEHHERALD.com – Dua obyek wisata di Aceh yang dikemas dan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan Pemerintah Kota Langsa berhasil mendapat perhatian dan sekaligus penghargaan dari Pemerintah Pusat tahun 2019.

Kedua obyek wisata yang meraih gelar juara Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 itu masing-masing Air Terjun Bidin Tensaran (Bener Meriah) dengan  kategori “Surga Yang Tersembunyi Terpopuler”),  dan Mangroove Forest Park – Kota Langsa, terpilih sebagai juara pertama Katagori Eko Wisata Terpopuler (Most Popular Ecotourism).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Jumat (22/11/2019) malam mengumumkan keberhasilan dua obyek wisata Aceh itu bersamaan dengan pemberian penghargaan  kepada obyek-obyek wisata lainnya yang dipusatkan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta.

 Mangroove Forest Park

Selain  Mangroove Forest Park yang terketak di Jalan Kuala Langsa,  Kota Langsa, juga terpilih sebagai juara terfavorit untuk semua katagori atau dari 18 katagori yang diperlombakan pada ajang API 2019 tersebut.

Sedangkan Mangroove Forest Park – Kota Langsa bersaing dengan 9 destinasi wisata kabupaten/kota lainnya se Indonesia, di antaranya Bangka Botanical Garden (Kota Pangkal Pinang), Bukit Bangkirai (Kabupaten Kutai Kartanegara), Hutan Maranti Putih (Kabupaten Kota Baru).

Di samping itu, ada juga Kampung Flory (Kabupaten Sleman), Manggrove Pahawang  (Kabupaten Paswaran), Pulau Lusi (Kabupaten Sidoarjo), Silimalombu Ecovillage  (Kabupaten Samosir), Suaka Margasatwa Kerumutan (Kabupaten Palalawan), dan TN Lore Lindu (Kabupaten Sigi).

Baca Juga:  Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Sambut Pj Ketua TP - PKK Aceh Pada Roadshow B2SA di SMP Ruhul Falah Kuta Malaka

Piala dan penghargaan juara pertama API Award dan juara terfavorit ini diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Pariwasita dan Ekonomi Kreatif RI, Guntur Sakti, diterima langsung oleh Wali Kota Langsa, Tgk Usman Abdullah SE dalam puncak acara pengumuman juara API 2019, Jumat (22/11/2019 ) malam  di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Kementerian Parawisata RI, Jakarta.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat atas dukungannya terhadap Mangroove Forest Park 2019 ini.

Ajang Anugrah Pesona Indonesia adalah event tahunan yang diselenggarakan  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sejak empat tahun silam.

Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh, Azwani Awi mengharapkan dengan ada penghargaan dari Pemerintah Pusat bisa menjadi pemicu bagi pemerintah kabupaten/kota lainnya untuk bersiap membenahi  obyek wisaya yang ada di daerah masing-masing.

Ajang Anugrah Pesona Indonesia adalah event tahunan yang diselenggarakan  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sejak empat tahun silam.

Penulis/Editor  : M Nasir Yusuf

Berita Terkini

Haba Nanggroe