Ternyata Ini Alasan Andik Bawa Bekal Ulat Turi ke Sekolah

ibu Andik sempat bercerita bahwa anaknya sangat menyukai ulat turi. Karena rasanya yang enak dan gurih.
Foto: dok pribadi Guru SD Meduri V Bojonegoro

Iklan Baris

Lensa Warga

BOJONEGORO | ACEHHERALD.COM – Usai videonya yang membawa bekal ulat turi ke sekolah viral di media sosial, Siswa SD Meduri V, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Andik mengungkap alasannya membawa bekal tak biasa tersebut.

Ternyata Andik memang suka menyantap ulat tersebut. Hal itu diungkap guru Andik yang merekam video tersebut, Jumangin (36). Ia menyebut warga pinggir hutan memang terbiasa makan ulat jati, enthung, dan walang. Ada musimnya bagi warga setempat memakan lauk tersebut.

Namun Andik membawa bekal lauk ulat pohon turi yang sangat jarang dijumpai dan sulit didapat.

Menurutnya, ibu Andik sempat bercerita bahwa anaknya sangat menyukai ulat turi. Karena rasanya yang enak dan gurih.

“Ulat turi ini jarang ada, sangat enak dan gurih, ada asin-asinnya. Kemarin ibunya Andik langsung cerita juga, mengatakan itu ulat turi, gede-gede memang bentuk ukurannya, dan Andik suka kok,” tutur Jumangin dilansir detik detikJatim, Minggu (15/10/2023).

Ia pun menjelaskan awal mula video itu viral. Menurutnya di SD Meduri V Bojonegoro memang ada program makan bersama setiap minggu tiga kali. Para siswa diminta membawa bekal ke sekolah dan dimakan bersama.

Nantinya guru akan mengecek menu makanan yang dibawa para siswa dan dijelaskan tentang kandungan gizi dalam makanan yang dibawa.

“Itu ceritanya pada Senin kemarin, kami wali kelas itu biasa dan sudah menjadi program di sekolah, murid-murid kami biasakan bawa bekal makanan. Nah sebelum dimakan, kami tanya makanan apa saja yang dibawa,” jelas Jumangin.

“Terus setelah dijawab oleh para siswa, guru memberikan penjelasan makanan yang dibawa serta kandungan vitamin atau lain-lainnya. Kalau ada yang kurang memenuhi unsur gizi, kadang saya memberikan telur rebus karena ada siswa itu bawa bekalnya cuma mi,” sambungnya.

Baca Juga:  MenPAN-RB: Bukan Berkurang, Pegawai Honorer Malah Naik Jadi 2,4 Juta

Saat Andik menunjukkan bekalnya, ia pun mengaku kaget. Jumangin lalu merekam momen tersebut dan viral hingga mendapat komentar dari netizen.

“Kebetulan salah satu siswa itu bekalnya lauk ulat pohon turi yang telah digoreng. Nggak ada niat atau tujuan lain kepada anak didik kami yang tidak baik, itu nggak ada. Biasa setiap pelajaran itu kami videokan,” pungkasnya.

Namun sebagian komentar bernada negatif karena ucapan sang guru yang terkesan merendahkan bekal yang dibawa Andik. Namun Jumangin sudah mengklarifikasi dan meminta maaf atas kejadian dalam video tersebut.

Sumber: detik.com

Berita Terkini

Haba Nanggroe