Panwaslih Aceh: 770 TPS di Aceh Timur dan Pidie Jaya akan Hitung Ulang Surat Suara

Agus Syahputra mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan guna mendukung kerja-kerja tim fasilitasi PUSS, mulai dari koordinasi langsung dengan Panwaslih Pidie Jaya dan juga Aceh Timur.
Ketua Panwaslih Aceh, Agus Syahputra. Foto: Andika

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH | ACEHHERALD.com — Berdasarkan Amar Putusan Mahkamah Kontitusi (MK), Aceh akan kembali mengggelar Penghitungan Ulang Surat Suara (PUSS) Pemilu tahun 2024, khususnya di Aceh Timur dan Pidie Jaya.

Penghitungan ulang surat suara pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut akan  dibantu Panwaslih Kabupaten Pidie Jaya dan Aceh Timur dalam penghitungan dan rekap surat suara dua kabupaten tersebut.

Ketua Panwaslih Aceh, Agus Syahputra mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan guna mendukung kerja-kerja tim fasilitasi PUSS, mulai dari koordinasi langsung dengan Panwaslih Pidie Jaya dan juga Aceh Timur.

Dimana, koordinasi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk melakukan pemetaan awal terhadap kebutuhan sumber daya manusia, pemetaan kerawanan pada proses persiapan dan pelaksanaan, baik pada saat penghitungan maupun rekapitulasi ditingkat kecamatan dan kabupaten, ujarnya, Kamis (4/7/2024).

Agus melanjutkan, ditingkat Provinsi, Panwaslih Aceh juga telah melakukan rapat bersama dengan Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) setempat yang membahas tentang kerawanan pelanggaran pidana dalam pelaksanaan PUSS nantinya.

“Jika ada potensi pidana Pemilu yang muncul dalam proses penghitungan dan rekapitulasi, tim sentra Gakkumdu Aceh dan Kabupaten Pidie Jaya serta Aceh Timur juga akan mendampingi proses penyelesaiannya,” tuturnya.

Menurutnya, hal ini tentunya dilakukan untuk mempermudah proses penegakan hukum Pemilu atas pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi menjadi pidana Pemilu di dua kabupaten dimaksud.

Disisi lain, Panwaslih Aceh juga telah melaksanakan kegiatan evaluasi pengawasan Pemilu Tahun 2024, yang dilaksanakan pada Sabtu (29/6/2024) dengan peserta rapat ketua, anggota, dan jajaran sekretariat Panwaslih kabupaten/kota seluruh Aceh.

Ia menyebutkan evaluasi ini menjadi bahan bagi pengawas Pemilu seluruh Aceh dalam memetakan kerawanan-kerawanan pada saat pengawasan pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) sebelumnya.

Baca Juga:  Ini Enam Nama Cawalkot Lhokseumawe

Ia menjelaskan bahwa hasil rapat koordinasi ini nantinya bisa menjadi bahan pencegahan dalam melasanakan pengawasan PUSS di Kabupaten Pidie Jaya dan Aceh Timur.

“Jika merujuk pada data TPS dan desa yang ada dalam enam putusan MK, maka setidaknya kita akan mengawasi proses penghitungan ulang di 770 TPS, yang berada di 288 desa, dan 14 kecamatan di dua kabupaten,” sebutnya.

Adapun rinciannya di Kabupaten Aceh Timur terdapat 11 kecamatan dengan jumlah desa 185 dengan jumlah TPS 539, yang akan dilaksanakan berdasarkan empat putusan MK.

Kemudian, di Kabupaten Pidie Jaya terdapat tiga kecamatan dengan jumlah desa sebanyak 103 desa, dan total jumlah TPS sebanyak 231, yang akan dilakukan PUSS.

Laporan: Andika Ichsan

Kata Kunci (Tags):
panwaslih aceh, panwaslih pidie jaya, panwaslih aceh timur, Penghitungan Ulang Surat Suara, PUSS, pileg 2024, tps, Pemilu 2024,

Berita Terkini

Haba Nanggroe