Musim Penghujan, Dr Imran Ngegas Perintahkan OPD Gerak Cepat

Mulai Jum’at ini saya minta kepada seluruh OPD untuk kembali melakukan Jum’at bersih hingga ke desa-desa.
Dr Imran bicara antisipasi banjir dan pengelolaan sampah. Foto Yuswardi

Iklan Baris

Lensa Warga

LHOKSEUMAWE | ACEHHERALD.com –  Lhokseumawe sudah memasuki musim penghujan. Pengalaman setiap tahun terutama pada bulan September-Desember kerap banjir terutama di Kecamatan Blang Mangat.

Mengantisipasi hal ini Pemko Lhokseumawe mengumpulkan para relawan untuk mempersiapkan diri serta mencari titik permasalahan di aliran sungai untuk dinormalisasi.

Pada Selasa (19/9/2023) pagi, Dr Imran didampingi Sekda T Adnan, Asisten III Sayed Alam dan Kadis DLH Syuib bertemu relawan di Aula Setdakot Lhokseumawe.

Di pertemuan tersebut, mereka mengkoordinasikan persiapan dini menghadapi musim penghujan dan peningkatan perhatian terhadap lingkungan bersih dan pengelolaan sampah dengan Organisasi kemasyarakatan.

Pj Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd  menyampaikan, sejak dua hari lalu sudah kelapangan memonitoring semua kawasan rawan bencana.

Hal ini  tak terlepas dalam persiapan dini menghadapi musim penghujan. “Ada beberapa lokasi ditemukan tumpukan sampah dan aliran sungai yang kurang diperhatikan sehingga menimbulkan terjadinya bencana,” katanya.

Persoalan lain, ujar Imran, di Kota Lhokseumawe saat ini persoalan sampah sangat krusial dan menjadi konsen pihaknya.

“Mulai Jum’at ini saya minta kepada seluruh OPD terkait salah satunya DLH Lhokseumawe untuk kembali melakukan kegiatan Jum’at bersih hingga ke desa-desa,” terangnya.

Lalu, melalui rapat koordinasi ini diharapkan agar permasalahan sampah, banjir dan bencana lainnya dapat tertanggulangi dengan segera mungkin.

Ia juga mengharapkan organisasi kemasyarakatan mampu bersinergi dengan Pemko Lhokseumawe agar sama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lhokseumawe Syuib mengatakan, DLH Lhokseumawe akan terus melakukan pembersihan terhadap sampah untuk mengantisipasi agar permasalahan kebersihan dan sanitasi tertangani dengan baik sehingga masyarakat yang telah memberikan retribusi kebersihan terlayani dengan baik.

Baca Juga:  Dahan Asam Jawa Remukkan Kaca L-300

DLH akan terus berkoodinasi dengan SKPD, Instansi terkait serta LSM yang bergerak di bidang kebencanaan dan sosial dalam penanganan permasalahan sampah dan juga dalam menghadapi musim penghujan nantinya.

DLH butuh dukungan masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarang, diharapkan kedepannya masyarakat lebih tertib dalam membuang sampah.

Penulis : Yuswardi

Berita Terkini

Haba Nanggroe