Kemana Anda Shalat Idul Adha, Ini Nama Khatib di Masjid Kota Blangpidie Abdya

Sementara hujan intensitas sedang lebat mengguyur kawasan Blangpidie sekitarnya sejak Sabtu sore berlanjut hingga malam tadi, sehingga beberapa bagian area lapangan Persada tergenang air hujan.
Dr Amiruddin Husen

Iklan Baris

Lensa Warga

BLANGPIDIEIACEH HERALD.com-Pelaksanaan Shalat Idul Adha 10 Zulhijjah tahun 1445 H/ 2024 M, berlangsung serentak seluruh kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yaitu jatuh pada Senin (17/6/2024), hari ini.
Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) di masing-masing masjid pun telah menetapkan khatib dan imam shalat hari raya haji itu, terutama di masjid berlokasi di Kota Blangpidie, ibukota Kabupaten Abdya
Penelusuran Aceh Herald.com, di Masjid Agung Baitul Ghafur milik Pemkab Abdya, bertindak sebagai Khatib adalah Ust. Dr. H. Amiruddin Husien, MA, Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.
Ust MaimunSedangkan Imam, Tgk Mulia Harmanda, alumni Dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan, sekarang Anggota Dewam Imam Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya. Masjid megah dan indah ini terletak di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie atau pada lintasan alternatif dari dan ke Kota Blangpidie-Guhang-Simpang Cot Manee, Kecamatan Jeumpa.
Sedangkan di Masjid Jamik Baitul A’dhim Blangpidie, sebagai khatib dipercayakan kepada Tgk Maimun S.PdI dari Kecamatan Lembah Sabil. Bertindak sebagai Imam, Tgk Azhar Hasan, imam utama masjid setempat. Masjid ini terletak di jantung Kota Blangpidie atau di Jalan Kesehatan, Desa Kuta Tuha, bersebelahan dengan Kantor BAS Cabang Blangpidie.
Sementara di Masjid At-Taqwa Blangpidie, khatib adalah Ustad T. Azhar Ibrahim, Lc, MA, Ketua Majelis Dakwah Komunitas), Imam adalah Halidainis Ja’far S.Ag.

Azhar Ibrahim LC MA

Informasi diperoleh dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blangpidie bahwa prosesi shalat Idul Adha dipersiapkan di tempat terbuka, yaitu di Lapangan Persada Blangpidie. Namun, jika hujan turun sehingga tidak memungkinkan dilaksanakan di lapangan, maka shalat id dialihkan lagi di Masjid At-Taqwa yang berlokasi di Jalan At-Taqwa, Dusun Blang Blawet, Desa Kedai Siblah, Blangpidie.
Sementara hujan intensitas sedang lebat mengguyur kawasan Blangpidie sekitarnya sejak Sabtu sore berlanjut hingga malam tadi, sehingga beberapa bagian area lapangan Persada tergenang air hujan.
Selain di tiga masjid tersebut, shalat Idul Adha juga berlangsung di Masjid Nurul Yaqin beralamat di Jalan Persada Kota Blangpidie atau bersebelahan dengan Lapangan Persada Abdya di Dusun Kuta Sabi, Gampong/Desa Kedai Siblah.
Adapun yang bertindak sebagai khatib adalah Tgk Syamsul Qamar dan Imam Abu Tgk Said Ali, Imam Besar Masjid Nurul Yaqin, Gampong Kedai Siblah. Nah, jika anda warga kota Blangpidie sekitarnya atau secara kebetulan anda berada di ‘kota dagang’ tersebut, kemana kira-kira melaksanakan Shalat Idul Adha, Minggu pagi ini.(*)

Baca Juga:  Pj Gubernur Aceh Lantik Pj Bupati Abdya dan Bireuen
Kata Kunci (Tags):
juru bicara, pemerintah aceh, santunan qari

Berita Terkini

Haba Nanggroe