Iswanto: TTG Mampu Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Hasil Produksi Masyarakat

BANDA ACEH | ACEHHERALD.com – Ajang ekspo Teknologi Tepat Guna (TTG) yang kini sedang dilaksanakan di Kota Jantho akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi dari masyarakat, terutama kaum tani serta masyarakat pedesaan. “Ini akan menjadi picu ekonomi untuk masyarakat di level grass root yang punya minat dan bakat mengembangkan teknologi sederhana dan mudah … Read more

Pj Bupati Muhammad Iswanto menerima hadiah gampong terbaik dari Kepala DPMG Aceh Zulkifli.

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH | ACEHHERALD.com – Ajang ekspo Teknologi Tepat Guna (TTG) yang kini sedang dilaksanakan di Kota Jantho akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi dari masyarakat, terutama kaum tani serta masyarakat pedesaan. “Ini akan menjadi picu ekonomi untuk masyarakat di level grass root yang punya minat dan bakat mengembangkan teknologi sederhana dan mudah digunakan,” kata Iswanto, saat Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna XXIV Provinsi Aceh Tahun 2023 di Pelataran Jantho Sport City, Selasa (30/5/2023) lalu.

Menurut Inpres No. 3 Tahun 2001, Teknologi tepat guna merupakan alternatif teknoogi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terkini. Disamping itu, teknologi tepat guna diharapkan dapat menjawab permasalahan masyarakat serta tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah dan menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup.

Produk – produk yang termasuk dalam kategori ‘teknologi tepat guna’, tidak hanya sekedar teknologi baru yang tidak bermanfaat. Teknologi baru ini juga khusus diciptakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat akan teknologi akan menjadi lebih praktis, mudah dan efisien. “Kita semua tentu optimis, pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna ini mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan. Apalagi, acara Gelar Teknologi Tepat Guna ini mengedepankan teknologi berbasis sederhana dan mudah diterapkan oleh masyarakat gampong. Maka melalui kegiatan ini tentunya dapat mencari dan menemukan alat teknologi guna menunjang ekonomi masyarakat, meningkatkan ketahanan pangan,” ujar Iswanto.

Pj Bupati Aceh Besar itu optimis, dengan pemanfaatan alat Teknologi Tepat Guna yang dihasilkan para inventor diharapkan mampu memberi nilai tambah dan meningkatkan produktivitas dan menciptakan usaha produktifitas bagi masyarakat.

Menurut Iswanto, jika teknologi dimanfaatkan secara optimal, peran Teknologi Tepat Guna tentu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Iswanto.

Baca Juga:  Pj Bupati Ajak Wartawan PWI Aceh Besar Jaga Citra Positif Pembangunan Daerah

Penulis : Andika Ichsan/Banda Aceh

Berita Terkini

Haba Nanggroe