Basarnas Aceh Gelar Siaga Khusus Nataru

BANDA ACEH I ACEHHERALD.com – Kantor Basarnas Aceh menggelar Siaga Khusus Nataru (Natal dan Tahun Baru), terhitung sejak 18 Desember 2019  hingga 8 Januari 2020 mendatang. Siaga khusus itu dalam wujud patrol khusus Nataru, seperti dikatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh, Budiono, dalam konferensi pers, Sabtu (28/12/2019) siang, dalam gelar patroli khusus antara Uleelhue … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

Tim Siaga Nataru melakukan pengawasan dari Kapal SAR. Foto Ibrahim Sihombing

BANDA ACEH I ACEHHERALD.com – Kantor Basarnas Aceh menggelar Siaga Khusus Nataru (Natal dan Tahun Baru), terhitung sejak 18 Desember 2019  hingga 8 Januari 2020 mendatang.

Siaga khusus itu dalam wujud patrol khusus Nataru, seperti dikatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh, Budiono, dalam konferensi pers, Sabtu (28/12/2019) siang, dalam gelar patroli khusus antara Uleelhue hingga Balohan Sabang. Dalam konferensi pers itu, juga ikut hadir Kabag Binopsnal Dit.Pol Air Polda Aceh AKBP.Ir.Sulasnawan, SH.

Patroli khusus liburan natal dan tahun baru (Nataru) ini pertama kali dilakukan tim SAR Banda Aceh, dengan memakai kapal patroli yang panjangnya 40 meter dan  kecepatan 20 knot. Perjalanan  dari pelabuhan Ulee lheu ke Pelabuhan Balohan Sabang bisa ditempuh dalam waktu  90 menit.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh , Budiono melakukan konferensi pers Siaga Nataru 2019 di kapal SAR, Sabtu (28/12/2019) . Foto Ibrahim Sihombin

Patroli khusus bersama awak media itu juga berlangsung hingga Selat Benggala. Setelah itu rombongan kembali ke Uleelhue, Banda Aceh.

Dikatakan Budiono, selama Nataru, terjadi peningkatan jumlah penumpang dalam jalur Uleelheu-Balohan, baik dalam pelayaran kapal cepat maupun kapal lambat. “Dari biasanya tiga trip bertambah menjadi empat trip per hari,” kata Budiono.

Ditambahkan, Basarnas kini punya enam pos, dan setiap pos ada alokasi personil. Termasuk yang siaga di poskantor. Khusus untuk pos dengan lokasi padat lalu lintas manusia, dilakukan penambahan personil selama Operasi Siaga Nataru. “Kita sinergi dengan instansi terkait, yaiu TNI, Polri, Perhubungan serta instansi lainnya. Kita siaga terpadu dengan instansi laut,” katanya.

Patroli Siaga Nataru itu dilakukan selama 24 jam, terutama pada jam jam yang ramai kunjungan.

 

Penulis      : Ibrahim Sihombing

 

 

 

Baca Juga:  Dyah Serahkan Rumah Layak Huni untuk Warga Tamiang

Berita Terkini

Haba Nanggroe