Aminullah Optimis Adipura Singgah Lagi di Banda Aceh

ACEHHERALD.com – Setelah sempat jeda di tahun 2018, piagam penghargaan kota bersih Adipura, diprediksi akan singgah lagi di Kota Banda Aceh. Artinya, predikat Kota Bersih akan kembali diraih oleh Kota Banda Aceh, sekaligus Ibukota Propinsi Aceh. Prediksi itu terungkap melalui ungkapan nada optimis Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE,Ak MM, kepada acehherald.com, kemarin, saat … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

ACEHHERALD.com – Setelah sempat jeda di tahun 2018, piagam penghargaan kota bersih Adipura, diprediksi akan singgah lagi di Kota Banda Aceh. Artinya, predikat Kota Bersih akan kembali diraih oleh Kota Banda Aceh, sekaligus Ibukota Propinsi Aceh.

Prediksi itu terungkap melalui ungkapan nada optimis Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE,Ak MM, kepada acehherald.com, kemarin, saat ditemui di Meuligoe atau Pendopo Kota Banda Aceh. “Secara umum kita telah siap untuk itu, terutama dari sisi kebersihan kota. Hanya saja dulu yang menjadi kendala adalah lokasi TPA di Blang Bintang yang terhambat penggunaannya, karena hanya faktor miskomunikasi, namun kini telah bisa difungsikan secara maksimal,” ujar Aminullah.

Dirincikan, secara umum ada dua komponen penting daam penilaian Adipura, yaitu kebersihan kota dan lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Dari sisi kebersihan kota sebenarnya Banda Aceh terhitung kliir, namun terkendala di sisi prosedur pada TPA.

Kala itu penggunaan TPA secara optimal mengalami hambatan, karena pintu pagar lokasi TPA yang tertutup, hingga sampah terpaksa dibuang di luar pagar. Kondisi itu membuat nilai yang diraih Kota Banda Aceh menurun dari nilai standar 80 yang ditetapkan oleh tim penilai.

“Alhamdulillah, problem TPA itu telah selesai, seiring tercapainya kesepahaman dengan semua pihak. Artinya masalah TPA sudah kliir dan itu sudah ditinjau langsung oleh tim penilai pusat,” tutur Pak Wali, demikian Aminullah sering disapa.

Tuntasnya masalah TPA itulah yang membuat Walikota Banda Aceh optimis jika piagam Adipura akan kembali diraih oleh Kota Banda Aceh. Tentu saja ini juga hasil dari komitmen warga Kota Banda Aceh yang telah peduli kebersihan.

Pada bagian lain, Walikota Aminullah mengungkapkan, Pemerintah Kota Banda Aceh berkomitment penuh untuk mewujudkan Kota Banda Aceh yang bersih indah dan nyaman bagi warganya. Konon lagi jika dikaitkan dengan fungsi Kota Band Aceh sebagai ibukota propinsi, dan juga sebagai salah satu daerah tujuan wisata local dan mancanegara. Dalam kaitan itu, Pemko Banda Aceh telah menyalurkan alat dan perlengkapan kebersihan ke seuruh gampong di Banda Aceh, terutama armada pengangkut sampah. Selain itu juga dilakukan proses pengumpulan sampah secara berjenjang mulai dari gampong hingga sampai ke lokasi TPA di Blangbintang, Aceh Besar.

Baca Juga:  Wali Kota Launching ATM Beras Untuk Warga Miskin

Penulis : Nurdinsyam

Berita Terkini

Haba Nanggroe