Aceh Siap Jadi Tuan Rumah IMT-GT Varsity Carnival

ACEHHERALD.com – Pemerintah Aceh  mendukung Universitas Syiah Kuala menjadi tuan rumah pelaksanaan Indonesia- Malaysia- Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival, pada Agustus 2020 mendatang. Hal tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah  saat menerima audiensi civitas akademika Unsyiah yang juga Panitia IMT-GT Varsity Carnival 2020, di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Selasa, (17/12/2019). IMT-GT Varsity … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah, Dr Alfiansyah Yulianur sepakat pelaksanaan IMT-GT Varsity Carnival yang melibatkan mahasiswa Indonesia, Malaysia, dan Thailand, akan dilaksanakan di Unsyiah, Agustus 2020 mendatang. FOTO FOR ACEH HERALD.COM

ACEHHERALD.com – Pemerintah Aceh  mendukung Universitas Syiah Kuala menjadi tuan rumah pelaksanaan Indonesia- Malaysia- Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival, pada Agustus 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah  saat menerima audiensi civitas akademika Unsyiah yang juga Panitia IMT-GT Varsity Carnival 2020, di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Selasa, (17/12/2019).

IMT-GT Varsity Carnival merupakan sebuah forum yang mempertemukan mahasiswa dari tiga negara peserta forum regional yang telah terbentuk sejak tahun 1993lalu, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam sebuah kegiatan Varsity Carnival berisikan kegiatan olahraga, seni budaya dan seminar kepemimpinan.

Nova mengatakan, kegiatan ini sangat baik untuk memperkuat kerjasamamahasiswa dari tiga negara. Nova menegaskan, IMT GT Varsity Carnival merupakan wadah bagi ketiga negara untuk membangun jembatan budaya.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, apalagi juga mendatangkan ribuan peserta. Dari segi ekonomi, IMT GT Varsity Carnival akan memberikan efek ganda bagi masyarakat kita,” ujar Nova.

Selain itu,tambahnya, Pemerintah Aceh juga akan membantu kelancaran penyelenggaraan kegiatan tersebut. Ia mempersilahkan panitia dari Unsyiah untuk memanfaatkan sejumlah fasilitas pemerintah Aceh untuk kelancaran agenda internasional tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia IMT-GT Varsity Carnival 2020, Dr Alfiansyah Yulianur yang juga Pembatu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah, mengatakan Kegiatan ini akan dilaksanakan di Unsyiah pada 10-15 Agustus 2020, dan diikuti oleh 12 universitas. Masing-masing negara diwakili oleh empat universitas.

Adapun sejumlah kampus yang mewakili Indonesia, antara lain, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Institut Teknologi Medan (ITM) dan Universitas Syiah Kuala. Sementara dari Malaysia, ada Universiti Sains Malaysia (USM), Universiti Utara Malaysia (UUM), Universiti Teknology Mara Arau Perlis (UITM) dan Universiti Malaysia Perlis. Selanjutnya, dari Thailand yang akan mengikuti meliputi Prince of Songkla University, Rajamanggala University of Technology Srvijaya, Thaksin University dan Walailak University.

Baca Juga:  Pulang ke Kampung Isteri di Gayo Lues, Anak Buah Kapal Positif Corona

Alfiansyah mengatakan dalam acara tersebut ada tiga bidang kegiatan yang diperlombakan, yaitu seni budaya, olahraga, dan seminar ilmiah. “Diperkirakan jumlah peserta dan offisial IMT-GT Varsity Carnival ke 22 ini mencapai 1.668 orang,” ungkap Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Unsyiah itu.

Pada acara yang berlangsung penuh keakraban itu,  Nova Iriansyah didampingi  Staf Ahli Gubernur Mahyuzar, Kadispora Aceh Dedi Yuswadi, Kepala Biro Ekonomi Setda Aceh, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Muslim Yakob MPd, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Juru Bicara Pemerintah Aceh Wiratmadinata.

penulis/editor : M Nasir Yusuf

Berita Terkini

Haba Nanggroe