Seminar ArtificaI Intelligence Kongres XXV PWI Tahun 2023 Diisi Pembicara Cloning Avatar AI

seminar artifical Intelligence kongres XXV PWI Pusat Tahun 2023 di Bandung dibuka MC Avatar PWI
Foto cloning avatar Taufan Eko Nugroho, CEO TV One menggunakan aplikasi ai yang berbicara menggunakan tiga bahasa, yakni bahasa rusia, india, dan china. Foto dokumentasi Acehherald.com.

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDUNG | ACEHHERALD.COM – Ada yang terbarukan di seminar artifical Intelligence kongres XXV PWI Pusat Tahun 2023 di Bandung. Dimana MC dan narasumbernya menggunakan cloning avatar AI.

Membicarakan tekhnologi dengan bukti. Jadilah MC Lilis avatar PWI memulai dengan pembukaan dan setelahnya salah satu narasumber, Taufan Eko Nugroho, CEO TV One mencontohkan bagaimana kompetennya ia berbicara dalam tiga bahasa dunia setelah menggunakan aplikasi ai.

“Ngeri-ngeri sedap dengan kecanggihan tekhnologi memanfaatkan artifical Intelligence ini,” kata Taufan Eko Nugroho, Senin (25/9/2023), saat mengisi acara seminar dengan tema “<span;>teknologi AI terhadap perkembangan profesi wartawan”.

Ceo TV One ini mengungkapkan bahwa pada tanggal 21 April 2023 pihaknya melaunching AI di program televisi mereka. Salah satunya dengan menampilkan avatar cloning presenter Karni Ilyas dan ada beberapa presenter tv One lainnya. Mengapa dibuatkan avatar Karni Ilyas, “Nah, saat itu Bang Karni sedang tidak berada di tempat, jadilah kami membuat avatar Karni Ilyas menggunakan aplikasi ai,” terangnya.

“Meski kami telah membuat presenter avatar AI, namun kami tidak akan menghapus presenter aslinya. Ini komitmen kami,” ujar Taufan Eko Nugroho.

Tak hanya itu, Ia kembali menampilkan sebuah contoh foto Donald Trump yang ditangkap polisi Amerika yang ternyata adalah hasil ai dan bukan real. Begitu juga saat Barack Obama berbicara yang ternyata orang lain hasil ai tersebut.

Ini sesuai dengan apa yang disampaikan Presiden RI Jokowi, ujar Taufan lagi, bahwa tidak perlu panik tenaga kerja manusia akan hilang karena masih ada pekerjaan-pekerjaan lain nya bagi sumber daya manusia.

Dibuka Pj Gub Jabar

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin membuka seminar artifical Intelligence (AI) pada kongres XXV PWI Pusat Tahun 2023 di Ruang Amartapura El Hotel Bandung, Senin (25/9/2023).

Baca Juga:  Polisi Tangkap Wanita Diduga Artis di Medan

Saat membuka seminar AI tersebut, Pj Gubernur Jabar mengakui kepercayaannya terhadap Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Saya percaya PWI akan selalu memonitor pemberitaan sehingga beritanya terus berimbang dan jauh dari hoaks,” kata Bey Machmudin.

Ia berharap dengan berkembangnya AI, berita-berita yang hoaks tidak dapat dipublish.

Sebelumnya, Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi menyebutkan bahwa tema seminar kali ini mencoba menyoroti tentang AI, yakni “teknologi AI terhadap perkembangan profesi wartawan”.

Ia menyebutkan bahwa tekhnologi AI bisa dimanfaatkan para wartawan atau pers dari sisi positifnya.

Mirza pun mengharapkan jurnalis dapat memanfaatkan perkembangan dan kecepatan AI untuk produk jurnalistik dan juga dapat merubah kehidupan wartawan.

“Semoga hasil dari seminar ini dapat dimanfaatkan bagi kita semua,” kata nya lagi.

Pada seminar AI ini dihadirkan dua narasumber, yakni pertama Taufan Eko Nugroho, CEO TV One dan <span;>Agus Sudibyo, praktisi pers yang dimoderatori oleh Salsa, mantan wartawan TV One.

Narsum kedua, <span;>Agus Sudibyo, praktisi pers memaparkan ancaman dari ai. Dan Agus menggarisbawahi soal perlunya menyusun regulasi dalam pemanfaatan tekhnologi dan inovasi artifical intelligence.

Selain itu, praktisi pers ini juga mengupas tentang perspektif untuk menelaah digitalisasi, pertama dari segi positivistik- optimis dengan inovasi, pengembangan, pertumbuhan, penerapan, dan kemajuan.

Lalu kedua kritis – ekonomi – politik (residu, dampak, ketimpangan, anomali, dan ambivalensi).

Berita Terkini

Haba Nanggroe