Partai Demokrat Minta Kejelasan KIP Terkait Tertundanya Rekapitulasi Suara di Kecamatan

"Kami dapat informasi di kecamatan, PPK menunda- nunda proses rakapitulasi suara yang mana itu di sinyalir sebagai upaya untuk mengakali suara ke calon atau partai tertentu", kata Wahyu
Wakil Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Aceh Utara, Wahyu Saputra. Foto dokumentasi pribadi.

Iklan Baris

Lensa Warga

LHOKSUKON | ACEHHERALD.com – Wakil Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Aceh Utara, Wahyu Saputra meminta Komisi Independen Pemilihan (KIP) memberi penjelasan terkait adanya upaya menunda proses rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat kecamatan yang sedang berlangsung. Wahyu menduga ada upaya tersistematis untuk mengakali suara hasil pemilu demi calon tertentu atau parpol tertentu.

“Kami dapat informasi di kecamatan, PPK menunda- nunda proses rakapitulasi suara yang mana itu di sinyalir sebagai upaya untuk mengakali suara ke calon atau partai tertentu”, kata Wahyu, Rabu (21/2/2024).

Dia menambahkan bahwa dengan tertundanya rekapitulasi dapat memperlambat proses yang segera harus dituntaskan oleh PPK

“Jika rekapitulasi terus tertunda maka dikhawatirkan menghambat jalannya perhitungan suara yang harus selesai pada tanggal 25 Februari 2024”, ujar Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu mengingatkan agar proses rekapitulasi berjalan sesuai regulasi yang ada serta di dukung perangkat yang memadai

“Proses rekapitulasi harus sesuai aturan yang dikeluarkan KPU dan harus didukung dengan perangkat yang cukup agar tidak terjadi kesalahan dalam penginputan data, serta tidak adanya perbedaan dalam penyebutan data”, tulis Wahyu.

Dia mengingatkan KIP khususnya PPK agar tidak melakukan upaya mengakali atau pergeseran suara ke calon atau partai tertentu karena pihaknya telah memegang C Hasil Salinan secara lengkap baik itu punya Partai Demokrat maupun partai peserta pemilu lainnya.

“Kami telah menerima C Hasil Salinan secara lengkap baik itu DPR RI, DPRA, dan DPRK serta sudah melakukan perhitungan secara mandiri, jadi kami tahu kalau ada perbedaan dan pergeseran perolehan suara dalam proses rekapitulasi”, terang Wahyu.

Dia menambahkan bahwa PPK bisa menyiapkan sarana untuk menayangkan rekapitulasi lewat internet secara langsung/Live Streaming dan masyarakat dapat menghadiri rapat rekapitulasi di kecamatan serta mengawasi proses rekapitulasi hingga selesai

Baca Juga:  Gatot Nurmantyo: Penunjukan TNI/Polri Aktif Sebagai PJ Kepala Daerah, Melanggar Undang Undang  

“Selain saksi dan panwas harus dipahami bahwa rapat pleno di kecamatan dapat dihadiri oleh masyarakat, jadi kita ingatkan jangan ada upaya mengakali perolehan suara karena dipantau secara luas oleh publik dan PPK bisa menayangkan secara Live Streaming melalui Internet karena itu hak publik”, ujar Wahyu.

Penulis : Yuswardi

Kata Kunci (Tags):
partai demokrat, kip, kip aceh utara, ppk, rekapitulasi penghitungan suara,

Berita Terkini

Haba Nanggroe