Intip Desain Megah Stadion untuk PON 2024 di Sumut

Pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara mampu menampung lebih kurang 25.000 penonton ditargetkan selesai kurang dari setahun
Foto: Desain stadion untuk PON di Sumut (Istimewa/Dok. Ditjen Cipta Karya

Iklan Baris

Lensa Warga

MEDAN | ACEHHERALD.COM – Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh terus mempersiapkan infrastruktur setelah ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Salah satunya desain stadion yang bakal digunakan untuk perhelatan di Sumut sudah rampung.

Hal itu diketahui dari unggahan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR di Instagram resminya. Stadion tersebut diberi nama Stadion Utama Sumatera Utara.

“Penandatanganan kontrak pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara yang berlokasi di Desa Sena, Deli Serdang,” demikian tertulis di unggahan yang dilihat, Minggu (24/9/2023).

Penandatanganan kontrak itu sendiri dilakukan pada Rabu (20/9) di Medan. Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin dan Kementerian PUPR melakukan penandatanganan tersebut.

Lebih lanjut, stadion tersebut berkapasitas 25 ribu penonton. Pembangunan stadion tersebut direncanakan akan rampung dalam waktu kurang dari setahun.

“Pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara mampu menampung lebih kurang 25.000 penonton ditargetkan selesai kurang dari setahun,” tertulis di unggahan itu.

Dari foto desain stadion, terlihat atap stadion tersebut nantinya akan berwarna putih. Sedangkan dinding stadion didominasi oleh warna hijau.

Sedangkan di bagian depan, terdapat tulisan Stadion Utama Sumatera Utara. Cahaya dari lampu saat malam hari juga sangat menarik, sehingga menampilkan kesan megah dari stadion tersebut.

Dalam unggahan tersebut, Pj Gubsu Hassanudin mengatakan pembiayaan pembangunan tersebut sudah on the track. Pihaknya akan mendukung penuh pembangunan tersebut.

“Saya lihat sudah on the track dari segi pendanaan APBD maupun APBN, harapan kita semua berjalan sesuai rencana agar pelaksanaan nanti sukses, Pemprov Sumatera Utara akan mendukung penuh pembangunan tersebut dan apabila terjadi kendala, kami siap bersinergi membantu,” kata Hassanudin di unggahan itu.

Untuk diketahui PON XXI akan dilaksanakan pada 5 sampai 19 September 2024. Sejumlah cabang olahraga akan dipertandingkan di Sumut dan Aceh.

Baca Juga:  Melihat Venue Dayung PON XXI 2024 di Waduk Keuliling

Sumber: detik.com

Berita Terkini

Haba Nanggroe