Pj Bupati dan Pj Ketua TP PKK Aceh Barat Sambut Ny Ayu Chandra Ahmad Marzuki di Meulaboh

MEULABOH | ACEHHERALD.COM – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Barat, Radhiah, S.Pd.I., menerima kunjungan kerja Pj Ketua TP-PKK Aceh, Ny. Ayu Candra Febiola Nazuar, di Kabupaten Aceh Barat, Rabu (09/08/2023) Kunjungan kerja Pj Ketua TP-PKK Aceh yang juga sebagai Pj … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

MEULABOH | ACEHHERALD.COM – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Barat, Radhiah, S.Pd.I., menerima kunjungan kerja Pj Ketua TP-PKK Aceh, Ny. Ayu Candra Febiola Nazuar, di Kabupaten Aceh Barat, Rabu (09/08/2023)

Kunjungan kerja Pj Ketua TP-PKK Aceh yang juga sebagai Pj Bunda PAUD Aceh bersama jajarannya ke Bumi Teuku Umar itu, memiliki sejumlah agenda penting, di antaranya meninjau proses implementasi transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) melalui enam aspek kemampuan pondasi anak pada satuan Pendidikan Dasar yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Meulaboh di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahalawan.

Kemudian, rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Gampong Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, yang terpilih sebagai Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) perwakilan Kabupaten Aceh Barat untuk diberikan pembinaan, monitoring sekaligus evaluasi Gammawar.

Khususnya dalam mengintervensi penurunan angka stunting anak secara optimal. Ini merupakan agenda terakhir dari serangkaian kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pj Ketua TP-PKK Aceh, setelah sebelumnya mengunjungi dua Kabupaten lain, yakni Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengucapkan selamat datang kepada Pj Ketua TP-PKK Aceh beserta rombongan ke Bumi Teuku Umar,” ucap Pj Bupati Mahdi di sela-sela kunjungan.

Menurut Mahdi, kunjungan lapangan yang dilakukan Pj Ketua TP-PKK Aceh, ini merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan implementasi berbagai program kerja PKK di daerah melalui pembinaan dan monitoring terhadap TP-PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga gampong, khususnya dalam mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Aceh Barat.

Untuk itu, dirinya siap mendukung dan menguatkan peran TP-PKK Aceh Barat dalam menjalankan setiap program kerjanya. “Sehingga sebagai Mitra kerja Pemerintah, para kader akan semakin memperkuat pelaksanaan program TP-PKK dalam membangun pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju dan mandiri,” tandas Mahdi.

Baca Juga:  Menanggapi Demo Emak-emak Berdaster, Safaruddin: Kadisdik Seharusnya Minta Maaf

Sementara itu, Pj Ketua TP-PKK Aceh yang juga menjabat sebagai Pj Bunda PAUD Aceh, Ayu Candra Febiola Nazuar, menjelaskan kunjungan kerjanya kali ini, untuk meninjau proses implementasi transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) melalui enam aspek kemampuan pondasi anak pada satuan Pendidikan dasar, sekaligus memberikan pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap Gampong Gammawar.

Ayu menerangkan bahwa pada tahun 2023 ini, pemilihan gampong Gammawar yang akan diberikan pembinaan, sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena untuk tahun ini pemilihan Gammawar menjadi kewenangan mutlak dari Provinsi bukan lagi Kabupaten/kota, yakni dengan melihat angka prevalensi stunting tertinggi di suatu gampong dalam setiap Kabupaten/kota.

“Setelah adanya kesepakatan dari seluruh TP-PKK se Aceh, untuk penilaian Gammawar tahun ini kita ubah, sekarang penilaiannya tidak lagi berdasarkan gampong terbaik yang dinilai oleh Kabupaten, namun saat ini penilaiannya dilakukan oleh Provinsi dengan melihat gampong mana yang memiliki angka prevalensi stunting tertinggi,” tutur Ayu.

Menurutnya, fokus Gammawar bukan hanya untuk mencari kemenangan, namun lebih kepada optimalnya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di suatu gampong. Dengan begitu, masyarakat akan teredukasi, baik dari segi kesehatan, pendidikan maupun kesejahteraan ekonomi, sehingga target penurunan stunting yang telah dicanangkan oleh Pemerintah bisa tercapai secara maksimal.

Untuk itu, perlu adanya kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak, mulai dari TP-PKK, Pemerintah, aparatur gampong, hingga kader posyandu yang merupakan ujung tombak dalam mengentaskan stunting di gampong, pungkasnya.

Senada dengan itu, Pj Ketua TP-PKK Aceh Barat, Radhiah, menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan yang menjadi bagian dari program tahunan PKK Aceh, guna mewujudkan visi dan misi TP-PKK Aceh sebagai penggerak dalam mendorong pemberdayaan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan demi terwujudnya keluarga sehat, berakhlak mulia dan berbudi luhur.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Barat Zoom Meeting dengan Mendagri Terkait  Laporan Kinerja

Untuk itu, Ia bersama TP-PKK Aceh Barat siap menjalankan arahan dari Pj Ketua TP-PKK Aceh sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan 10 program PKK secara lebih optimal guna mendukung program gammawar, sekaligus berperan dalam mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala SKPK terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Johan Pahlawan, Ketua TP-PKK Kecamatan Johan Pahlawan dan jajaran, Keuchik dan aparatur gampong Leuhan, pengurus TP-PKK Kabupaten Aceh Barat dan gampong Leuhan, serta para kader posyandu.

Berita Terkini

Haba Nanggroe