Helikopter Black Hawk Jatuh, 3 Garda Nasional Gugur

Banda Aceh, Acehherald.com – Tiga anggota Garda Nasional Amerika Serikat, gugur setelah helikopter UH-60 Black Hawk jatuh Kamis (5/12/2019), setelah lepas landas dari bandara di St. Cloud, Minnesota. Mengutip konfirmasi yang dilakukan NBC News, National Guard wilayah Minnesota membenarkan peristiwa tersebut. Mereka telah kehilangan kontak dengan helikopter Black Hawk sekitar pukul 14.00, dan pihak berwenang … Read more

Polisi menjaga sekitar lokasi jatuhnya helikopter Black Hawk di Minnesota (Foto: AP)

Iklan Baris

Lensa Warga

Polisi menjaga sekitar lokasi jatuhnya helikopter Black Hawk di Minnesota (Foto: AP)

Banda Aceh, Acehherald.com – Tiga anggota Garda Nasional Amerika Serikat, gugur setelah helikopter UH-60 Black Hawk jatuh Kamis (5/12/2019), setelah lepas landas dari bandara di St. Cloud, Minnesota.

Mengutip konfirmasi yang dilakukan NBC News, National Guard wilayah Minnesota membenarkan peristiwa tersebut. Mereka telah kehilangan kontak dengan helikopter Black Hawk sekitar pukul 14.00, dan pihak berwenang sedang mencarinya. Sersan Kepala Blair Heusdens mengatakan helikopter naas tersebut sedang melakukan uji kelaikan terbang dan perawatan rutin dengan tiga pengawal di dalamnya.

Gubernur Minnesota Tim Walz menyebutkan, bahwa seorang mantan diantara yang tewas, merupakan rekannya yang pernah bertugas bersama.



Sementara Jenderal Sandy Best menyatakan bahwa mererka sedang menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. Ia menolak menyebutkan nama para korban, karena keluarganya belum diberitahu.

Lokasi jatuhnya Black Hawk diperkirakan 10 mil barat daya dari bandara. Hal ini telah dikonfirmasi melalui anggota Pemadam St Paul dan Polisi Patroli Minesota yang baru kembali dari lokasi jatuhnya helikopter.

Ilustrasi Black Hawk (DoD photo by Gertrud Zach, U.S. Army/Released)

Sekilas UH-60 Black Hawk

Black Hawk merupakan helikopter angkut serba guna yang bermesin ganda produksi Sikorsky Aircraft . Helikoptert ini pertama kali digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1979, untuk menggantikan Bell UH-1 Iroquois yang legendaris sebagai helikopter transportasi taktis.

Peningkatan varian utilitas UH-60L dan UH-60M juga dikembangkan untuk Angkatan Laut (SH-60 Seahawk), yang digunakan dalam operasi kemaritiman seperti pendaratan amfibi, operasi khusus laut, pengintaian maritim dan peperangan anti kapal selam, Angkatan Udara, dan Penjaga Pantai.

Versi sipil juga tersedia dengan nama Sikorsky S-70. Selain digunakan Angkatan Bersenjata AS, keluarga UH-60 telah diekspor ke beberapa negara. Black Hawks telah bertugas dalam pertempuran selama konflik di Grenada, Panama, Irak, Somalia, Balkan, Afghanistan, dan daerah lain di Timur Tengah. Helikopter ini menjadi terkenal dalam kebudayaan populer setelah muncul dalam film perang Black Hawk Down. (dbs)

Baca Juga:  Suaidi Yahya Sampaikan Pengurangan Dana ke Senator

Editor: Salim

Berita Terkini

Haba Nanggroe