BI Aceh Turunkan 18 UMKM di Aceh Ramadhan Festival Dorong Ekosistem Halal

Bank Indonesia melibatkan 18 UMKM dari berbagai wilayah di Provinsi Aceh untuk menjajakan produk unggulannya meliputi makanan olahan, makanan kemasan, kerajinan tangan, wastra, hingga produk fesyen untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri mendatang.
Bank Indonesia memberikan Sertifikat Halal secara simbolis kepada UMKM yang telah mengikuti program fasilitas sertifikat halal. Foto dokumentasi Humas BI Aceh.

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH | ACEHHERALD.COM – Menjelang waktu berbuka puasa, pasar takjil dan pameran UMKM di lapangan eks. Hotel Aceh dikunjungi masyarakat yang mencari beragam makanan dan kerajinan. Ada 18 pelaku usaha mikro kecil dan menengah binaan Bank Indonesia Provinsi Aceh disana dari puluhan lainnya.

Di bekas hotel Aceh ini ada perhelatan Aceh Ramadhan Festival 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Aceh dipenuhi banyak pameran UMKM yang tersebar di sekitar kawasan Masjid Raya Baiturrahman.

Pembukaan acara tersebut dilakukan Pj Sekda Provinsi Aceh pada tanggal 29 Maret 2024 lalu di pelataran Masjid Raya Baiturrahman, dengan kemeriahan Kirab Ramadhan mengelilingi sudut kota.

Selang sehari setelah pembukaan tepatnya Sabtu (30/3/2024) Pj. Ketua Dekranasda Aceh, Ny. Mellani Bustami juga berkunjung kepameran UMKM Unggulan Bank Indonesia. Dalam kunjungannya, Pj. Ketua Dekranasda berdiskusi dan bercengkrama langsung dengan pelaku UMKM dan Persatuan Ikatan Istri Pegawai Bank Indonesia (PIPEBI) Provinsi Aceh terkait pengembangan UMKM kreatif yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh.

“Kami mengapresiasi dukungan Bank Indonesia dalam mengembangkan
UMKM dan mengajak untuk terus bersinergi dengan Dekranasda Aceh dalam berbagai kesempatan,” kata Mellani.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Aceh, Rony Widijarto, menyatakan bahwa dalam pelaksanaan Aceh Ramadhan Festival, Bank Indonesia melibatkan 18 UMKM dari berbagai wilayah di Provinsi Aceh untuk menjajakan produk unggulannya meliputi makanan olahan, makanan kemasan, kerajinan tangan, wastra, hingga produk fesyen untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri mendatang.

“Selain berlokasi di kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Bank Indonesia juga memperluas lokasi pameran UMKM di Plaza Aceh Mal dalam rangka memeriahkan kegiatan Aceh Ramadhan Festival 2024,” ujar Rony.

Semarak Aceh Ramadhan Festival semakin menarik dengan hadirnya 5.500 kupon belanja yang disediakan BI bagi seluruh pengunjung dengan syarat melakukan pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di seluruh UMKM yang tersedia.

Baca Juga:  Hujan Lebat Guyur Kawasan Abdya Pada Malam Kedua Takbiran Idul Fitri, Berpotensi Terjadi Banjir

Terlihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat menandakan akseptasi transaksi digital menggunakan QRIS semakin diminati oleh masyarakat Kota Banda Aceh.

Roni Widijarto berharap secara konsisten dapat terus meningkat seiring dengan persiapan pelaksanaan PON XII Sumut-Aceh pada September mendatang sehubungan akan meningkatnya kunjungan wisata di Banda Aceh dan sekitarnya.

Selama kegiatan tersebut, Bank Indonesia bersama KDEKS juga membuka layanan Pojok Halal yang bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh untuk menyediakan layanan konsultasi dan sertifikasi halal gratis kepada UMKM dan masyarakat.

Hal ini dapat mengakselerasi ekosistem halal di Provinsi Aceh melalui penguatan Halal Value Chain yang terstandarisasi dengan baik melalui kerja sama lintas Kementerian dan Instansi.

Sebelumnya saat pembukaan Aceh Ramadhan Festival,  Bank Indonesia memberikan Sertifikat Halal secara simbolis kepada UMKM yang telah mengikuti program fasilitas sertifikat halal yang telah dilakukan pada bulan Maret lalu di acara Festival Meukat Halal 2024.

Pemberian sertifikat tersebut disaksikan Pj. Sekda Provinsi Aceh, perwakilan Kanwil Kemenag dan perwakilan MPU Aceh.

Setelah itu juga diberikan QRIS yang dikeluarkan Bank Syariah Indonesia kepada pengurus Masjid Babul Jannah sebagai sarana pembayaran infaq dan sedekah secara digital sebagai simbol upaya membangun ekosistem masjid digital yang akan diperluas ke masjid-masjid lainnya di Provinsi Aceh.

Kata Kunci (Tags):
aceh ramadhan festival, ekosistem halal, kpwbi aceh, Bank Indonesia, bi, umkm unggulan bi aceh, qris,

Berita Terkini

Haba Nanggroe