Senyum Merekah Puluhan Anak Yatim di Buka Puasa Bersama PWI Aceh

Selain santunan dalam bentuk uang tunai, masing-masing anak juga menerima bingkisan dari Bank Aceh, Kyriad Muraya Hotel, dan Irni Catering.
Ketua PWI Aceh, Pj Gubernur Aceh, dan Dirut BAS diantara puluhan anak yatim. Foto dokumentasi PWI Aceh.

Iklan Baris

Lensa Warga

Senyum kebahagiaan terlihat merekah di bibir 54 anak yatim piatu keluarga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh. Ya…Tak putus senyumnya usai mendapatkan ‘salam tempel’ atau Tunjangan Hari Raya (THR) dan tiga bingkisan di halaman depan rumahnya wartawan di Simpang Lima Kota Banda Aceh.

Kegembiraan puluhan anak yatim merupakan kebahagiaan bagi pengurus PWI dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Aceh yang telah mendonasikan sebagian rezekinya untuk anak yatim wartawan dan lingkungan sekitar rumah besar wartawan ini.

Yang bocah terlihat mengutak atik isi bingkisan, kemudian berbicara dengan yang duduk disebelahnya. Lalu sama -sama melihat isi tas jinjing yang mereka terima sambil ngomong diantara keduanya dengan mengangguk-anggukkan kepala.

Senyum merekah anak yatim semoga tak putus dari bibir mereka seperti di kegiatan buka puasa bersama pengurus PWI dan IKWI Aceh juga mitra kerja wartawan ini.

Di bukber PWI Aceh ini, selain menyantuni anak yatim juga menghadirkan Penjabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah dan istri yang juga Pj Ketua TP PKK Provinsi Aceh,  Ny. Mellani Subarni Bustami plus Wamenkominfo RI, Nezar Patria.

Merunut kebelakang, penggalangan donasi di mulai dari sebelum puasa Ramadhan lalu. Dan donasi terbuka untuk Keluarga Besar PWI Aceh plus Kabupaten/Kota serta pengurus dan anggota IKWI.

“Kesempatan berdonasi juga kita buka untuk kalangan eksternal, kolega dan mitra kerja, termasuk wartawan lintas organisasi dan media,” sebut Nasir Nurdin, Ketua PWI Aceh, kala itu.

Ketua PWI Aceh, mengatakan bukber dibungkus Silaturahmi Ramadhan merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan kepengurusan periode 2021-2026. Dan tahun 2024 ini digelar yang ketiga kalinya.

Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh di Ramadhan 2024 ini diisi dengan tiga agenda, meliputi santunan anak yatim, tausyiah Ramadhan 1445 Hijriah, dan buka puasa bersama.

Ketua PWI Aceh Ucapkan Terima Kasih

“Alhamdulillah, dengan berbagai plus minusnya kegiatan Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh tahun ini telah telaksana sesuai jadwal. Terima kasih atas dukungan semua pihak dan kami mohon maaf atas berbagai kekurangan,” kata Ketua PWI Aceh.

Baca Juga:  Pj Gubernur Aceh Lantik Pj Bupati Abdya dan Bireuen

Menurut Nasir, ada yang istimewa pada kegiatan tahun ini yaitu peusijuek (tepung tawar) Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah bersama istri selaku Pj Ketua TP-PKK Aceh.

“Kami sangat mengapresiasi atas kesempatan waktu Gubernur bersama istri hadir  pada acara Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh dan mengikuti prosesi adat peusijuek yang dilaksanakan oleh organisasi PWI. Semoga sukses mengemban amanah sebagai Pj Gubernur Aceh dan senantiasa dalam perlindungan Allah SWT,” ujar Nasir Nurdin.

Seperti diketahui, prosesi peusijuek terhadap Pj Gubernur Aceh dan istri dilakukan masing-masing oleh Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh Tgk H Ameer Hamzah, Tuha Peuet Wali Nanggroe Aceh Drs. H. Sulaiman Abda, dan Penasehat Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Aceh Ny. Hj. Nurmila, M.Si.

Prosesi peusijuek berlangsung menjelang buka puasa bersama disaksikan Forkopimda Aceh, pejabat SKPA, pimpinan BUMD, Direksi Bank Aceh, Pimpinan BSI Aceh, para ketua organisasi kewartawanan dan perusahaan pers, Pengurus PWI Aceh termasuk Ketua Dewan Penasehat-nya, H. Sjamsul Kahar, dan para wartawan lintas media/organisasi.

“Khusus kepada rekan-rekan Biro Adpim, Biro Umum, Dinas Kominsa, dan jajaran TU Pimpinan lingkup Setda Aceh yang telah mendukung berbagai persiapan hingga kita bisa melaksanakan  prosesi peusijuek terhadap Pj Gubernur Aceh dan istri, diucapkan terima kasih. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada tim kreatif dari Delta Intermedia, MBA Corporation, Na Desain, dan IKWI Aceh atas berbagai bantuannya sehingga prosesi adat peusijuek berjalan lancar,” kata Ketua PWI Aceh.

Santunan Yatim

Secara khusus Ketua PWI Aceh juga mengucapkan terima kasih kepada tim penggalangan donasi santunan yatim yang disalurkan pada Silaturahmi Ramadhan 1445 H.

Hingga hari H penggalangan, total donasi yang terkumpul mencapai Rp 27 juta. Seluruh donasi disalurkan untuk anak yatim sebanyak 54 orang dengan nilai santunan masing-masing Rp 500.000.

Baca Juga:  RK soal Emak-emak Joget di Masjid Al Jabbar: Hargai Tempat Ibadah

Donasi tersebut berasal dari internal PWI dan juga mitra kerja termasuk jaringan pertemanan yang ikut menitipkan santunan melalui PWI Aceh.

Selain santunan dalam bentuk uang tunai, masing-masing anak juga menerima bingkisan dari Bank Aceh, Kyriad Muraya Hotel, dan Irni Catering.

Santunan diserahkan oleh Pj Gubernur Aceh bersama istri didampingi Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin, Ketua IKWI Aceh Ny Hanifah Nasir Nurdin, dan Dirut Bank Aceh Muhammad Syah.

Jumlah anak yang berhasil disantuni terus bertambah begitu juga nilai santunan.

“Terima kasih untuk para donatur yang telah berbagi kebahagiaan bersama anak yatim pada bulan yang penuh rahmat ini. Semoga kita bisa terus berkolaborasi dalam kegiatan sosial,” kata Nasir Nurdin didampingi Sekretaris PWI Aceh, Muhammad Zairin.

Buka puasa bersama

Rangkaian Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh 1445 H diakhiri dengan tausyiah Nuzulul Quran oleh Tgk. Akmal Abzal dilanjutkan buka puasa bersama.

Momentum buka puasa bersama dikuiti ratusan orang termasuk Pj Gubernur Aceh bersama jajaran Forkompimda dan tamu undangan lainnya serta anak yatim.

Sejumlah donatur juga ikut terlibat dalam penyediaan menu berbuka puasa, di antaranya Pengurus IKWI Aceh, Pj Bupati Aceh Besar yang ikut menyumbang satu ekor kambing, sejumlah pimpinan media, pejabat lingkup Pemerintah Aceh, dan lainnya.

“Atas semua itu kami mengucapkan terima kasih. Semoga semua yang dilakukan bernilai ibadah dan menambah pundi-pundi pahala di bulan suci,” kata Nasir.

Apresiasi Wamen Kominfo

Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh 1445 H juga terasa istimewa atas hadirnya Wakil Menteri (Wamen) Kominfo Nezar Patria.

Nezar menyempatkan hadir ke PWI Aceh di sela-sela kegiatan utamanya di Aceh dan sempat bersilaturahmi dengan para wartawan sambil diskusi ringan seusai buka puasa.

“Ini kunjungan kedua Wamen Kominfo RI ke PWI Aceh setelah yang pertama menghadiri maulid dan peusijuek Ketum PWI Pusat pada 25 Oktober 2023,” demikian Nasir Nurdin.

Kata Kunci (Tags):
pwi aceh, Silaturahmi Ramadhan, ramadhan 2024, santuni anak yatim, buka puasa bersama, pj gubernur aceh, Wamenkominfo,

Berita Terkini

Haba Nanggroe