Sekretaris KPA: HIV/AIDS di Lhokseumawe 64 Kasus

LHOKSEUMAWE, ACEHHERALD.com- Sekretaris Umum Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Lhokseumawe  MIswar SE memaparkan jumlah penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Lhokseumawe sebanyak 64 kasus. Dari jumlah tersebut 10 orang dilaporkan  sudah meninggal dunia. Data ini disampaikan  Miswar di tengah pembukaan acara  jalan sehat bertepatan dengan peringatan hari AIDS di … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

Ratusan warga Lhokseumawe, Minggu 1 Desember 2019 ambil bagian dalam jalan santai memperingati hari AIDS . Foto Yuswardi Mustafa

LHOKSEUMAWE, ACEHHERALD.com- Sekretaris Umum Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Lhokseumawe  MIswar SE memaparkan jumlah penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Lhokseumawe sebanyak 64 kasus. Dari jumlah tersebut 10 orang dilaporkan  sudah meninggal dunia.

Data ini disampaikan  Miswar di tengah pembukaan acara  jalan sehat bertepatan dengan peringatan hari AIDS di Lhokseumawe, Minggu 1 Desember 2019 yang dilaksanakan KPA Kota Lhokseumawe.

Lebih lanjut Miswar mengatakan, jumlah penderita yang sudah melapor sampai sekarang sebanyak 64 orang. Dari jumlah tersebut kebanyakan  dari pergaulan bebas dan 29 dari terjangkit dari kasus narkoba, katanya.

Menurut Miswar, data ini didapat  dari korban yang secara sukarela memeriksakan diri di tempat yang sudah ditentukan. Ia mengakui tidak mengetahui nama dan dari desa mana korban HIV dan AIDS tersebut tetapi kasus di Lhokseumawe memang ada.

Kemudian dalam suara yang meninggi Miswar menyampaikan  tentang kondisi syariat Islam di Lhokseumawe yang  sudah tercemar oleh pergaulan bebas. Malah, data yang ia dapat sebanyak 28 orang LGBT sudah ada di Lhokseumawe.

Kadis Kesehatan Lhokseumawe dr Sayid  Alam Zulfikar memaparkan  data yang hampir sama.  Dari tahun 2015

Sampai November 2019 sebanyak 64 warga sudah  terjangkit HIV dan AIDS dan 10 penderita sudah meninggal dunia. Kemudian bagi yang ingin memeriksa dan mengetahui apakah terjangkit penyakit tersebut, Sayid menyarankan  untuk memeriksa diri di Puskesmas Muara Dua, Puskesmas Muara Satu dan RS Kesrem.

Kemudian Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri menyampaikan tentang ketahanan  keluarga untuk menangkal AIDS. Fungsi agama harus diterapkan dan menjadi pegangan  di keluarga masing-masing.

Sekretaris KPA Lhokseumawe, Miswar bersama para pemenang lomba. Foto: Yuswardi Mustafa

Ramai

As Sementara itu, jalan santai memperingati hari AIDS yang dilepas  oleh Sekda Lhokseumawe T Adnan diikuti oleh ratusan peserta. Warga berjalan santai bersama komunitas dan keluarga mengelilingi pusat Kota Lhokseumawe di Banda Sakti, dan begakhir dengan penarikan  undian atau doorprize, sebagai acara yang ditunggu tunggu oleh peserta.

Baca Juga:  Perantau Pulang Kampung, ODP Bertambah?

 

Penulis : Yuswardi Mustafa  / Lhokseumawe

Editor    : Nurdinsyam

Berita Terkini

Haba Nanggroe