Pj Gubernur Tinjau Progres Persiapan Tiga Venue PON di Aceh Besar

Pj Gubernur Bustami meminta Dinas Perkim, Dinas PUPR, dan kontraktor pelaksana untuk mempercepat penyelesaian renovasi, paling lambat tidak boleh melewati bulan Juli 2024. Sebab nantinya setiap venue akan terlebih dahulu dipakai para atlet untuk latihan, yakni diujicoba sebelum jadwal PON dimulai. "Kita bertaruh dengan waktu, jadi target selesai harus bisa dipastikan," kata Bustami.
Pj Gubernur Bustami didampingi Ketua Pengprov Kurash Aceh yang juga Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, meninjau renovasi GOR JSC di Kota Jantho, yang akan dijadikan venue Cabor Kurash di PON ke-21.

Iklan Baris

Lensa Warga

JANTHO I ACEHHERALD.com – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah SE MSi, didampingi Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM meninjau progres persiapan tiga (3) lokasi venue pertandingan cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, yang berada di wilayah Kabupaten Aceh Besar, Jumat, (7/6/2024).

Peninjauan itu dilakukan secara marathon  mulai dari menjelang siang di Kota Jantho, bakda Jumat di pegunungan terjal Sukamakmur hingga petang menjelang magrib di Pantai Lhoknga.

Peninjauan diawali di lokasi venue cabor Kurash yang berada di GOT  Jantho Sport City (JSC) di Kota Jantho. GOR yang menjadi venue utama saat PORA tahun 2018 itu, saat ini sedang dalam tahap renovasi. Beberapa bagian gedung ditambah dan diperbaiki agar sesuai standar fasilitas pertandingan nasional. Termasuk dengan fasilitas pendukung yang juga sesuai standar nasional.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Bustami meminta Dinas Perkim, Dinas PUPR, dan kontraktor pelaksana untuk mempercepat penyelesaian renovasi, paling lambat tidak boleh melewati bulan Juli 2024. Sebab nantinya setiap venue akan terlebih dahulu dipakai para atlet untuk latihan, yakni diujicoba  sebelum jadwal PON dimulai.  “Kita bertaruh dengan waktu, jadi target selesai harus bisa dipastikan,” kata Bustami.

Usai meninjau renovasi venue Kurash, Pj Gubernur Aceh lanjut meninjau lokasi venue paralayang di Bukit Dirgantara, Desa Lambirah, Kecamatan Sukamakmur. Lokasi tersebut berjarak sekitar 7 kilometer dari kemukiman Sibreh, dengan ketinggian sekitar 580 Mdpl.

Adapun sejumlah fasilitas yang disiapkan untuk kelancaran cabor paralayang meliputi pengerasan jalan menuju lokasi venue dan penyediaan fasilitas pendukung seperti toilet, tenda, dan tempat istrahat atlit. “Segera didesain dimana saja letak fasilitas pendukungnya, harus selesai dalam minggu ini,” kata Bustami.

Baca Juga:  Badai Bakda Magrib, Pohon Tumbang di Lamjamee dan Listrik Padam

Bustami meminta pejabat di Dinas Perkim yang bertanggungjawab dalam penyiapan fasilitas venue tersebut untuk membangun komunikasi dengan  Danlanud SIM Kolonel Pnb Edi Sasmoyo sekaligus juga Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Aceh, yang bertanggungjawab terhadap cabor Paralayang. “Komunikasi dan kolaborasi merupakan kunci kesuksesan, komunikasi dengan Danlanud apa saja yang dibutuhkan dan yang diinginkan untuk suksesnya pekerjaan pembangunan,” kata Bustami.

Bustami mengatakan, pada bulan Juli fasilitas pendukung venue paralayang juga harus selesai, sebab pada bulan Agustus para atlit mulai akan melaksanakan latihan.

Terakhir, Pj Gubernur dan rombongan meninjau lokasi venue cabor selancar yang berada di Pantai Babah Kuala, di Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga. Adapun sejumlah fasilitas yang sedang disiapkan untuk mendukung pelaksanaan pertandingan cabor tersebut, diantaranya pembangunan jalan dan lahan parkir kendaraan. Selain itu, juga akan dibangun sejumlah fasilitas penunjang lainnya seperti toilet dan tempat istrahat atlit.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur kembali mengingatkan dinas terkait untuk mempercepat penyelesaian segala fasilitas pendukung venue selancar.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, mengapresiasi perhatian Pj Gubernur Aceh yang turun langsung ke lapangan, untuk memastikan persiapan venue pertandingan bisa selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Ia mengatakan, Pemkab Aceh Besar siap mengawal pembangunan maupun renovasi seluruh venue PON yang berada di Aceh Besar. “Pemkab Aceh Besar siap bersinergi dengan semua pihak guna menyukseskan PON Aceh-Sumut 2024,” kata Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto.

Hadir bersama Pj Gubernur dalam peninjauan tersebut diantaranya Danlanud SIM, Kolonel (pnb) Edi Sasmoyo, Kapolres Aceh Besar AKBP Dhani Catra Nugraha, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh T Robby Irza, Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh M Gade dan sejumlah pejabat lainnya. []

Baca Juga:  Gibran Positif Corona, Ternyata Sempat Tes Antigen Hasilnya Negatif
Kata Kunci (Tags):
pon xxi, cabor kurash, bustami hamzah, muhammad iswanto, paralayang

Berita Terkini

Haba Nanggroe