Pj Bupati Mahdi Hadiri Rakor Penguatan Pemerintah Gampong di Aceh

"Meskipun hasil lomba tidak sesuai harapan, kita tetap berkomitmen untuk menjalankan peraturan sesuai ketentuan yang berlaku. Ini sejalan dengan visi Aceh Barat dalam meningkatkan pelayanan publik dan memajukan infrastruktur serta kualitas hidup masyarakat gampong,” kata Mahdi menambahkan.
Foto MC Aceh Barat

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH I ACEHHERALD.com – Gubernur Aceh Bustami Hamzah membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pemerintah Gampong tahun 2024 di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jumat (05/07/2024) hari ini.

Acara itu dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, DR. La Ode Ahmad P. Blomno, AP., MSi. Rapat ini bertujuan untuk menanggapi pengesahan UU Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Perubahan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Penjabat Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi,yang hadir pada rakor tersebut, menyatakan bahwa perubahan ini dianggao penting untuk menjawab kebutuhan gampong di Aceh yang selama ini mengandalkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Meskipun demikian, kekhususan Aceh tetap diakui dalam penetapan kebijakan pemerintahan gampong/desa.”Aceh, sebagai penerima Dana Desa terbesar keempat di Indonesia, diharapkan dapat memanfaatkannya secara optimal untuk kesejahteraan rakyat,” ujar Mahdi.

Menurut Mahdi, Rakor ini juga bertujuan untuk memantapkan pemahaman dalam pelaksanaan pemerintahan gampong dan penggunaan Dana Desa.

Meskipun tidak meraih penghargaan dalam lomba gampong tingkat provinsi Aceh tahun 2024, Kabupaten Aceh Barat tetap menunjukkan komitmen kuat dalam melaksanakan ketentuan UU yang berlaku. Kabupaten ini mengapresiasi kinerja yang baik dari  DPMG Aceh Barat, yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. “Meskipun hasil lomba tidak sesuai harapan, kita tetap berkomitmen untuk menjalankan peraturan sesuai ketentuan yang berlaku. Ini sejalan dengan visi Aceh Barat dalam meningkatkan pelayanan publik dan memajukan infrastruktur serta kualitas hidup masyarakat gampong,” kata Mahdi menambahkan.

Ditambahkan, dengan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan gampong ke depannya, akan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat gampong di Aceh Barat.

Baca Juga:  Dalam 15 Hari, Polda Aceh Berangus 46 Kasus Narkotika

Di sela-sela acara, dilakukan penyerahan penghargaan juara lomba gampong tingkat provinsi Aceh tahun 2024, yang diserahkan oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, DR. La Ode Ahmad P. Blomno, AP., MSim didampingi Gubernur Aceh.

Juara ke satu diraih oleh Gampong Bueng Sidom, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar dan Juara kedua diraih Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, sedangkan Juara ketiga diraih oleh Gampong Hagu Selatan, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Selain itu, juga diserahkan penghargaan kepada daerah yang tercepat dalam penyaluran Dana Desa tahap 1 tahun 2024. Pidie Jaya raih juara kesatu, Bener Meriah juara kedua dan Kota Langsa pada posisi ketiga.

Kata Kunci (Tags):
lomb desa, bueng sidom, pj bupati aceh barat, mahdi efendi

Berita Terkini

Haba Nanggroe