Pj Bupati Aceh Utara Ucapkan Terimakasih ke Mensos RI

Bantuan yang diberikan sangat bernilai harganya terutama dalam hal bakti sosial operasi katarak yang dilaksanakan oleh puluhan dokter spesialis mata yang tergabung dalam Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Aceh serta para medis di RSU Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara.
Pj Bupati Aceh Utara, Mahyuzar bersama wartawan. Foto Ist

Iklan Baris

Lensa Warga

LHOKSUKON | ACEHHERALD.com – Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar berterimakasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini atas kunjungan dan bantuannya untuk ratusan lansia di Aceh Utara.

Bantuan yang diberikan sangat bernilai harganya terutama dalam hal bakti sosial operasi katarak yang dilaksanakan oleh puluhan dokter spesialis mata yang tergabung dalam Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Aceh serta para medis di RSU Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara.

Saat minum kopi sore bersama wartawan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Utara serta pengurus organisasi keawartawanan lainnya pada Senin (3/6/2024), Mahyuzar bercerita panjang lebar menyangkut kegiatan sosial dalam kunjungan menteri sosial ke Aceh Utara pada hari Rabu (29/5/2024).

“Kami tersanjung atas dipilihnya Aceh Utara serta memberi bantuan untuk warga di daerah kami,” katanya.

Ia menambahkan, bakti sosial serta operasi katarak untuk ratusan warga lanjut usia di Aceh Utara merupakan kerja besar. Belum pernah ada jumlah warga sebanyak ini dioperasi mata secara gratis serta dikunjungi oleh Mensos.

Mahyuzar mengapresiasi dan berterimakasih kepada Perdami, pimpinan dan seluruh tenaga medis RSU Cut Meutia, kepala OPD, camat dan semua pihak yang telah membantu dan memfasilitasi warga operasi mata.

Didampingi Asisten I Fauzan dan Kabag Humas Pemkab Aceh Utara Muslim Araly, Pj Bupati Mahyuzar akan melanjutkan kerja sosial semacam ini diwaktu mendatang. Banyak warga Aceh Utara yang masih butuh bantuan medis dan hal lain.

Kerjasama dengan perusahaan swasta, organisasi kewartawanan bagian penting dalam menujang program ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ratusan warga di Kabupaten Aceh Utara, mendapat pelayanan periksa dan operasi katarak secara gratis di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Kabupaten setempat, Selasa (28/5/2024).

Baca Juga:  Gerakan 56 Detik Semangati Nakes dan Masyarakat Melawan Virus Corona

Kegiatan yang dikemas dalam program bakti sosial operasi katarak Kementarian Sosial dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Aceh berlangsung sukses.

Awak Acehherald.com yang datang ke lokasi pemeriksaan dan operasi mata pada Selasa sore melihat antrian warga memadati tempat pemeriksaan.

Satu persatu mereka dipanggil lalu diperiksa oleh dokter ahli yang sudah disiapkan di tempat itu.

“Saya datang dari Kecamatan Cot Girek,” ujar Asiah.

Perempuan usia lanjut ini mengaku sudah menderita rabun mata sekitar dua tahun lalu. Akibat hal ini menyebabkan ia susah beraktifitas apalagi pandangan matanya terganggu.

Lalu, ia dibawa oleh saudaranya berobat ke rumah sakit Cut Meutia. “Saya sudah dioperasi dan terimakasih atas pelayanan yang diberikan pada saya,” ujarnya.

Dalam padatnya antrean warga yang menunggu diperiksa, terlihat Plt Direktur Rumah Sakit Cut Meutia Zulfitri SKM MKes.

Ia menyapa warga yang berada di tempat itu serta mengamati kegiatan pemeriksaan dan operasi yang dilakukan oleh tim medis.

“Saya dari pagi sudah bersama warga. Ini bagian dari bakti sosial Kemensos dan Perdami Aceh,” katanya.

Zulfitri menambahkan, warga yang diperiksa serta operasi katarak di RSUCM berasal dari 27 kecamatan di Aceh Utara. Sebagian sudah ditangani pada hari Selasa serta sisanya akan dilaksanakan pada hari Rabu.

Bakti sosial operasi katarak oleh Kemensos dan Perdami, ujar Zulfitri, melibatkan para dokter ahli dari sejumlah rumah sakit ternama di Aceh.

Pelayanan yang diberikan pada pasien sangat baik apalagi ditangani oleh dokter ahli. “Sangat ramai yang berobat,” katanya.

Sementara itu, dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Perdami Cabang Aceh dr Ihsan Sp.M tercatat nama 27 dokter spesialis mata yang berpartisipasi dalam bakti sosial ini.

Baca Juga:  Personil Polsek Santuni Tiga Warga Terdampak Covid-19

Tercatat dokter ahli dari RSUD Cut Meutia, Aceh Utara, RSUD Meuraxa Banda Aceh, RSU Zainoel Abidin, RS Ibu Anak, RS Pertamedika Ummi Rosmiati, RSU Bireuen Medical Center, RSUD dr Fauziah, dan RSUD Zubir Mahmud.

Informasi yang diperoleh media ini, operasi katarak gratis bagian dari memperingati hari lanjut usia nasional (HLUN) dan HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) tahun 2024 di RSUD Cut Meutia.

Penulis : Yuswardi

Kata Kunci (Tags):
pj bupati aceh utara, bantuan mensos ri, operasi katarak, rsucm aceh utara, rumah sakit umum cut meutia, hari lanjut usia nasional, HLUN, hut tagana,

Berita Terkini

Haba Nanggroe