Pesona Pantai Ujung Karang Sabang dengan Laut Biru yang Mengoda

Belum lagi langit yang memayungi sekitaran Pantai Ujung Karang tersebut sangat biru yang bikin menggoda untuk didokumentasikan. Sesekali awan putih berarak ditiup angin, terkadang hitam menggantung menambah indah pemandangan disana.
Pantai Ujung Karang di Desa Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Foto dokumentasi Acehherald.com

Iklan Baris

Lensa Warga

UJUNG Karang. Sangat tepat dengan nama pantainya, yakni Pantai Ujung Karang di Desa Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Pantai ini hanya memiliki pemandangan bebatuan karang di sekitar bibir pantai, ukurannya cukup besar dan berbentuk cekungan unik.

Atau ada juga masyarakat yang mengisahkan dinamai ujung karang karena letaknya berada di paling ujung batu karang, dimana sebelum dan sesudah pantai ujung karang ini—pantainya landai dengan pasir putihnya—tidak seperti Pantai Ujung Karang yang batu karang nya setinggi 4 sampai lima meter dari permukaan laut ini.

Ukuran batu karang di kawasan wisata ini lumayan cukup besar dan membentuk cekungan yang unik, kondisi alam yang berbeda inilah yang menjadikan Pantai Ujung Karang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Meski kebanyakan batu karang, namun pemandangan yang disuguhkan di pantai setempat sungguh mempesona. Laut nya biru dengan hamparan Selat Malaka sejauh mata memandang yang terkadang terlihat kapal tanker dan kapal bermuatan kontainer melintas hilir mudik.

Belum lagi langit yang memayungi sekitaran Pantai Ujung Karang tersebut sangat biru yang bikin menggoda untuk didokumentasikan. Sesekali awan putih berarak ditiup angin, terkadang hitam menggantung menambah indah pemandangan disana.

Pun demikian berada di pantai ini, paling seru adalah memancing sambil menikmati pemandangan alam sekitar, begitu katanya. Tapi apa iya pemancing sempat memandang alam sekitar saat memancing selain memperhatikan ikan? Hanya yang punya hobi mancing yang tahu.

Keindahan alam laut dan langit ini lah plus batu karang dengan satu dua pohon kelapa dan pohon ketapang, menjadikan warga Sabang dan pelancong menyempatkan untuk berswafoto yang hasilnya instagramable bingit.

Putri Maulia salah satunya, pengunjung yang pertama kali ke Sabang, mengakui melihat keindahan Pantai Ujung Karang dari akun di media sosial. Makanya saat berkesempatan ke Sabang, ia dan teman- teman se komunitas penulis ini, harus ke pantai tersebut.

Baca Juga:  Bank Aceh Bantu 10 Wastafel untuk Ditlantas Polda Aceh

“Beruntung langitnya biru. Mana lautnya juga biru kehijauan tua di tengah-tengah, sedangkan dekat pantai nya biru jernih. Klop indahnya yang begitu menggoda untuk dikunjungi,” kata mahasiswi di salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Medan ini.

Pantai Ujung Karang di Desa Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Foto dokumentasi Acehherald.com

Pengakuan yang sama juga dikatakan Saldabila. Tiga hari di Sabang, seperti nya tidak cukup karena kotanya di kelilingi pantai dan laut yang sangat indah.

Seperti Pantai Ujung Karang ini, letaknya hanya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Sabang. Ia tidak memungkiri semua pantai di pulau ini begitu indah. Pengunjung dimanjakan dengan keindahan pantai dan warna lautnya.

“Jadi tidak salah kalau kami menabung, hanya untuk kemari. Ya…satu kata, indah dan cantik pemandangannya,” sebut Salda sambil mengacungkan kedua jempol tangannya.

Cottage dan Senja

Seperti diketahui di destinasi Pantai Ujung Karang ini, juga telah didirikan cottage berupa bangunan seperti pondok atau rumah kecil yang terpisah-pisah, tapi masih dalam satu area yang sama.

Cottage di Pantai Ujung Karang ini, tak begitu jauh dari bibir batu karang dan pantai atau tepatnya hanya berjarak 8 sampai 15 meter.  Harga cottage pun mencapai Rp300.000 sesuai fasilitas yang ditawarkan.

Untuk menginap di cottage di pantai ini, pengunjung bakal ‘ditemani’ dengan suara debur ombak dan desir angin dari laut ke daratan. Sesekali suara mesin boat nelayan yang mengais rezeki di tengah laut melintas di perairan setempat.

Tata letak Pantai Ujong Karang yang strategis membuat pelancong bisa menyaksikan dua panorama keindahan pantai sekaligus. Dikarenakan pantai ini menghadap ke Timur maka pengunjung bisa menyaksikan keindahan terbitnya matahari saat pagi hari

Namun saat senja hari wisatawan bisa bergeser ke sisi barat pantai untuk menyaksikan fenomena sunset yang tentu akan menjadi momen favorit yang ditunggu para traveller pecinta pantai.

Baca Juga:  Keuchik Ali Siap Bertarung untuk Kursi Bireuen 1, Ini Tujuannya

Bagaimanapun juga Pantai Ujung Karang ini adalah sebuah obyek wisata yang layak untuk dimasukkan ke dalam daftar destinasi liburan pengunjung dengan pesona laut biru yang menggoda.

Kata Kunci (Tags):
destinasi, wisata pantai, pantai ujung karang, sabang, pulau weh,

Berita Terkini

Haba Nanggroe