Pengumuman! Rusia Stop Ekspor Bensin dan Solar ke Semua Negara

Rusia mengumumkan larangan itu akan berlaku dalam tempo sesingkat-singkatnya
Foto: BBC

Iklan Baris

Lensa Warga

JAKARTA | ACEHHERALD.COM – Rusia mengumumkan menyetop sementara ekspor bensin dan solar untuk semua negara di dunia, kecuali empat negara. Hal ini diklaim dilakukan negara beruang merah itu untuk menstabilkan pasar.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (23/9/2023), Rusia mengumumkan larangan itu akan berlaku dalam tempo sesingkat-singkatnya. Kendati demikian, ternyata ada empat negara yang lolos dari keputusan Rusia. Keempatnya adalah Belarus, Kazakhstan, Armenia, dan Kyrgyzstan.

Mereka adalah anggota dari Eurasian Economic Union yang dipimpin oleh Rusia. “Pelarangan sementara diharapkan memenuhi pasar bahan bakar, yang pada akhirnya akan berefek pada penurunan harga untuk konsumen,” ucap Rusia dalam pernyataan resminya.

Selain itu, kementerian energi Rusia mengatakan langkah tersebut akan mencegah ekspor bahan bakar yang ilegal. Dalam beberapa waktu terakhir, pasar bahan bakar Rusia disebut sedang terpukul oleh berbagai faktor. Di antaranya, pemeliharaan kilang minyak, kemacetan jalur kereta api, serta lemahnya nilai tukar rubel sebagai insentif ekspor bahan bakar.

Karenanya, Wakil Menteri Energi Pertama Rusia Pavel Sorokin, mengatakan pihaknya belum menentukan batas waktu untuk penghentian ekspor BBM. Ia menjelaskan tindakan lanjut akan diambil Rusia melihat situasi pasar energi.

“Kami memperkirakan pasar akan merasakan dampaknya dengan cukup cepat. Namun hal itu akan bergantung pada kejenuhan pasar dan hasilnya,” kata Sorokin.

Dalam 20 hari pertama September 2023, Rusia pun dikabarkan telah mengurangi ekspor minyak, diesel, dan gas sekitar 30 persen atau 1,7 metrik ton. Adapun pada 2022, Rusia tercatat sudah mengekspor 4,812 juta ton bensin dan sekitar 35 juta ton solar.

Sumber: finance.detik.com

Baca Juga:  Pecatur Pelatda PON Aceh Kembali Dulang Medali di Malaysia

Berita Terkini

Haba Nanggroe