Nasib Munas ke-3 IKA USK Makin Limbung, 12 IKA Fakultas Diakui Sepakat tak Ikut

BANDA ACEH I ACEHHERALD.com – Pelaksanaan Munas ke-3 Ikatan Alumni (IKA) USK yang dijadwalkan berlangsung bakda ashar nanti, nasibnya terkesan makin limbung. Hanya beberapa jam menjelang pelaksanaan, dilaporkan, sebanyak 12 IKA Fakultas dalam lingkup USK, menyatakan tak hadir dalam kegiatan Munas ke-3 itu. Sebelumnya hanya IKA FT USK yang menyatakan sikap tegas untuk tak ikut … Read more

Foto dok

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH I ACEHHERALD.com – Pelaksanaan Munas ke-3 Ikatan Alumni (IKA) USK yang dijadwalkan berlangsung bakda ashar nanti, nasibnya terkesan makin limbung. Hanya beberapa jam menjelang pelaksanaan, dilaporkan, sebanyak 12 IKA Fakultas dalam lingkup USK, menyatakan tak hadir dalam kegiatan Munas ke-3 itu. Sebelumnya hanya IKA FT USK yang menyatakan sikap tegas untuk tak ikut Munas, karena menurut mereka event keluar dari jalur yang sebenarnya. Termasuk belum mematuhi imbauan Rektor USK agar digodok dulu AD/ART sesuai PP Nomor 38 tahun 2022.

Rumors ogahnya ikut serta 12 IKA Fakultas itu, mengemuka setelah dilakukan sebuah pertemuan terbatas jajaran IKA Fakultas di USK, untuk menyikapi Munas ke-3 IKA USK yang dijadwalkan berlansung di Kyriad Muraya Hotel, Jumat (09/06/2023) petang nanti.

Pertemuan itu berlangsung di sebuah coffee yang tak jauh dari Simpang Limong. Tampak diantara yang hadir adalah Ir Teuku Marzuki dan Ir Teuku Zahrian Ulfah dari IKA FT USK, selain itu juga tampak Amal Hasan Ketua Ikafensi, serta beberapa orang lainnya.

Baik Amal Hasan maupun Teuku Marzuki mengakui jika IKA Fakultas di jajaran USK, sepakat tak ikut Munas ke-3 IKA Unsyiah. Bahkan diakui jika IKA FH dan IKA FKIP juga tak ikut Munas. “Kami mematuhi imbauan Rektor USK dalam suratnya ke Panitia yang menghendaki Munas itu harus diikuti semua elemen dari jajaran IKA Fakultas lingkup USK, dan yang lebih penting harus mengacu kepada PP Nomor 38 tahun 2022 tentang USK yang ditetapkan menjadi PTN BH atau PTN Berbadan Hukum.

Dalam PP itu disebutkan secara jelas soal IKA USK pada Pasal 75 ayat 1 s/d 5,” kata Marzuki yang ikut di iyakan oleh Amal Hasan.

Baca Juga:  Bundesliga, Lewandowski Antarkan 4 Gol Kemenangan Die Roten

Kelompok Marzuki cs itu akan wait and see terhadap Munas IKA USK yang dijadwalkan petang nanti. Hanya saja mereka menyatakan setuju hendaknya sebelum Munas dibahas dulu AD/ART yang sesuai dengan PTN BH USK dalam PP nomor 38 tahun 2022. “Kita lihat saja nanti, yang jelas kami tak mau melibatkan diri dalam Munas ke-3 IKA USK kali ini,” kata Marzuki.

Pernyataan yang nyaris senada diutarakan oleh salah seorang petinggi IKA FH USK, Azhar SH. Pria yang saat dihubungi acehherald, sedang berada Blangpidie itu, mengatakan, persoalan dalam Munas ini sebenarnya hanya sebatas kerikil kecil. Yaitu macetnya komunikasi. “Seandainya masalah komunikasi itu tertangani, termasuk lingkup internal yang melibatkan IKA USK dengan IKA jajaran fakultas, serta juga munculnya sinyalemen sumbatan komunikasi antara IKA USK dengan pihak rektorat  terantisipasi sejak dini, maka semua hambatan akan tertangani dan lancar lancar saja,” demikian Azhar.

Sementara dalam konferensi pers yang berlangsung di The Oak, Lampriet, Banda Aceh, Kamis (8/6/2023), Ketua Panitia Munas III IKA USK, Muhammad Gaussyah, kepada awak media menyatakan kesiapan panitia melaksanakan Munas. “Munas III IKA USK akan dimulai besok, Jumat (09/06/23) setelah shalat Ashar. Rencananya, malam Sabtu akan dilakukan pelantikan ketua dan pengurus terpilih,” ujar Gaussyah, saat itu.

Sementara sumber sumber acehherald.com di seputaran Kyriad menyatakan, pihak Panitia sedikitnya telah membooking 10 kamar di Kyriad yang diperuntukkan bagi tamu atau peserta dari luar Kota Banda Aceh. “Acaranya dimulai habis ashar dan tamu mulai chek in bakda zuhur,” tutur sumber tersebut.

Berita Terkini

Haba Nanggroe