Kalaksa BPBD Aceh Besar Kembali Ingatkan Potensi Kebakaran Lahan

Ridwan Jamil mengatakan, saat ini terhitung musim pancaroba yang sering tak terduga. Misalnya muncul kemarau hingga lahan mengering dan mudah terbakar.  Namun kadang juga turun hujan kala panas terik.
Kebakaran lahan di Lampuuk Keamatan Lhonga. Foto BPBD Aceh Besar

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH I ACEHHERALD.com – Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil SSos MSi, Minggu (11/02/2024) kembali mengimbau masyarakat, terutama di Aceh Besar untuk tidak melakukan pembakaran sampah secara serampangan, karena sangat berpotensi terjadi kebakaran yang mengancam pemukiman dan fasilitas publik sekalipun.

Terakhir, Minggu hari ini, kebakaran lahan menimpa kawasan Kemukiman Lampuuk Kecamatan Lhoknga dan Gampong Lamjuhang Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. “Alhamdulillah dengan gerak cepat kita mampu mengatasi insiden itu hingga tidak merembes ke pemukiman warga, dari penelusiran staf di lapangan, kedua insiden itu akibat warga yang membakar sampah secara sembarangan tanpa pengawasan,” tutur Ridwan Jamil kepada awak media.

Ridwan Jamil mengatakan, saat ini terhitung musim pancaroba yang sering tak terduga. Misalnya muncul kemarau hingga lahan mengering dan mudah terbakar.  Namun kadang juga turun hujan kala panas terik.

Lahan yang terbakar di Lampuuk itu milik Rahmad, warga Weuraya Lhoknga, dengan lokasi di Meunasah Mesjid Lampuuk. Tak ada korban jiwa dlam insiden kebakaran lahan tersebut. Sementra lahan terbkar di Lamjuhang adalah milik Rusli (65).

Pusdalops BPBD Aceh Besar menerima informasi dari warga perihal kebakaran lahan di kemukiman Lampu’uk. Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar langsung menghubungi petugas Damkar Pos Peukan Bada untuk melakukan penanganan kebakaran lahan di Gampong Meunasah Mesjid Kemukiman Lampu’uk.

Kebakaran lahan di Gampong Lamjuhang, Kecamatan Lhoong.Foto BPBD Aceh Besar

Cuaca yang terik dan panas membuat api begitu cepat menjalar dan membakar tumpukan ban bekas yang berada di pinggir pagar lahan yang diperkirakan seluas 500 meter itu, membuat api berkobar dan kumpulan asap hitam membubung ke angkasa.

Dugaan sementara kebakaran tersebut diduga akibat pembakaran sampah tampa pengawasan.

Damkar BPBD Aceh Besar mengerahkan 3 unit armada ke lokasi yang terdiri dari Pos Peukan Bada 2 unit, Pos Induk 1 unit dan juga di bantu 1unit armada DPKP Kota Banda Aceh.

Baca Juga:  17,02 Persen Lulusan PNL Berpredikat Cumlaude

Setiba di lokasi petugas langsung melakukan penanganan pemadaman area lahan yang terbakar.

Sekitar pukul 15.15 Wib. Api berhasil dikuasai dan dipadamkan oleh petugas Pemadam kebakaran.

Dalam kejadian tersebut petugas ikut di bantu oleh TNI(Koramil Lhoknga) Polri (Polsek Lhoknga) dan petugas damkar DPKP Kota Banda Aceh.

Sementara itu laporan terakhir malam ini dari BPBD Aceh Besar, lahan terbakar juga terjadi di Gampong Lamjuhang Lhoong, Aceh Besar. Pemadaman api di lahan kosong tersebut baru berakhir pukul 22.30 WIB malam ini. Tak ada korban jiwa dalam insiden amuk api di lahan tersebut.

Kata Kunci (Tags):
kebakaran lahan, lampuuk, lamjuhang, ridwan jamil, kalaksa bpbd

Berita Terkini

Haba Nanggroe