JCH Kloter 12 BTJ Terbang Menuju Jeddah 10 Juni, Ketua Kloter dari Abdya

JCH Kloter 12 tersebut berasal dari enam kabupaten/kota, yaitu dari Kabupaten Aceh Selatan 145 orang, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) 97 orang, Kota Subulussalam 52 orang, Kabupaten Singkil 46 orang, Kabupaten Simeulue 15 orang, dan Kota Banda Aceh 19 orang, ditambah petugas haji delapan orang.
Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM peusijuek sekaligus pelepasan 97 Jamaah Calon Haji tahun 2024 di Masjid Agung Baitul Ghafur Blangpidie, Sabtu (1/6/2024) sore. Foto: Zainun Yusuf.

Iklan Baris

Lensa Warga

BLANGPIDIE I ACEHHERALD.com – Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 2024 tergabung dalam Kelompok terbang (Kloter) 12, merupakan kloter terakhir embarkasi BTJ Aceh, terbang dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar menuju Jeddah, Arab Saudi pada Senin (10/6/2024), pukul 11.05 WIB.

Terbang menggunakan Pesawat Garuda Indonesia membawa total jamaah 384 orang, termasuk petugas haji. JCH Kloter 12 tersebut berasal dari enam kabupaten/kota, yaitu dari Kabupaten Aceh Selatan 145 orang, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) 97 orang, Kota Subulussalam 52 orang, Kabupaten Singkil 46 orang, Kabupaten Simeulue 15 orang, dan Kota Banda Aceh 19 orang, ditambah petugas haji delapan orang.

“Jamaah Kloter 12 berjumlah 384 orang itu belum fix, jumlah pasti diketahui tanggal 9 Juni, karena barang kali ada jamaah kloter sebelumnya yang ditunda keberangkatannya, mungkin akan dimasukkan dalam kloter yang terbang terakhir,” kata Ketua Kloter 12 BTJ Aceh, Agus Suryadi, S.Ag. M.Pd., kepada AcehHerald.com, Selasa (4/6/2024) malam.

Agus Suryadi, tidak lain adalah Kepala Subbag Tata Usaha (TU) pada Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Abdya sebagai petugas haji tahun 2024, sekaligus mendapat kekercayaan sebagai Ketua Kloter 12 embarkasi BTJ Aceh.

Dari delapan orang petugas haji kloter 12, dua diantaranya berasal dari Kabupaten Abdya. Selain Agus Suryadi, satu lagi adalah Era Afriyani sebagai perawat, sehari-hari bertugas di Puskesmas Susoh.

Enam petugas lainnya adalah HM Suryadi Anwar SAg (Pembimbing Ibadah), dr Herlina Sitompul (dokter), Wirnawita AMd Kep (Perawat), Yusri Sulaiman Asyek (PHD Kesehatan), Tgk Hamdani Abdullah SPd (PHD Layanan Umum), dan Ivan Aulia Trisnady (PHD Pembimbing Ibadah).

Keberangkatan ke Tanah Suci hanya tinggal menghitung hari, Ketua Kloter 12, Agus Suryadi kembali mengimbau kepada seluruh JCH dari enam kabupaten/kota agar benar-benar fokus menjaga kesehatan sehingga dalam melaksanakan rukun haji berjalan lancar.

Baca Juga:  Pembobol Kotak Amal Masjid Nurul Yaqin Blangpidie Terekam CCTV

Imbauan ini disampaikan karena menurut informasi yang diperolehnya bahwa Arab Saudi musim haji tahun ini dilanda cuaca ektrim dengan suhu udara bisa melebihi 50 derajat celsius pada puncak haji.

“Kami mengimbau kepada seluruh jamaah untuk minum sebelum haus,” ungkap Agus.

Upaya lain yang dilakukan di masing-masing daerah adalah membagikan APD, seperti masker dan alat semprotan air ke wajah. Diakui bahwa dari hasil pemantauan bersama petugas kesehatan JCH meliputi enam kabupaten/kota tergabung dalam kloter 12, rata-rata butuh perhatian khusus soal kesehatan.

“Dari Abdya, dua orang, ada juga dari Aceh Selatan, rata-rata kabupaten ada yang butuh perhatian khusus,” tambahnya.

Lebih lanjut Agus Suryadi menjelaskan bahwa JCH Kloter setelah mendarat di Jeddah, kemudian menuju Mekkah menempati sektor 10 Maktap 10 Misfalah. Lokasi ini berjarak sekitar 800 meter sampai 1 Km dari Masjidil Harram.

Sekitar empat hari di Mekkah,  langsung memasuki puncak ibadah haji atau Armuzna (Arafah, Mudalifah dan Mina).

Setelah sekitar 32 hari berada di Mekkah (setelah haji) yang dihitung sejak ketibaan, jamaah haji bertolak menuju Madinah untuk melaksanakan Shalat Arbain di Masjid Nabawi sebanyak 40 waktu, untuk ini cukup selama delapan hari.

Jamaah haji kloter 12 berada di Madinah selama sekitar sembilan hari, selain melaksanakan Salat Arbain juga melakukan ziarah-ziarah.

Jamaah haji kloter 12 (termasuk dari Kabupaten Abdya) kembali ke Tanah Air dan diperkirakan tiba di Bandara Internasional SIM Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar, tanggal 22 Juli pukul 08.05 WIB.

JCH Abdya Bertolak dari Blangpidie tanggal 8 Juni

Sementara itu, JCH Abdya berjumlah 97 orang akan bertolak dari Blangpidie, menuju Banda Aceh pada hari Sabtu pagi (8/6/2024), pekan depan dengan titik kumpul di Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie.

Baca Juga:  Taqwallah Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Untuk Tgk Dayah di Abdya

Sedangkan pelepasan JCH yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini secara resmi telah dilakukan Pj Bupati H Darmansah, S.Pd. MM., sekaligus dilakukan peusijeuk adat di Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya, Sabtu (1/6/2024) sore lalu.

Pemkab Abdya akan mengantar seluruh JCH sampai Banda Aceh dengan menggunakan 12 unit bus ukuran 3/4 yang disewa khusus untuk itu.

Dalam perjalanan dari Blangpidie menuju Banda Aceh pada hari Sabtu (8/6/2024), JCH Abdya bersama rombongan pengantar singgah di Masjid Agung Meulaboh, Aceh Barat guna mengikuti peusijuek yang dilaksanakan masyarakat asal Abdya berdomisili di Meulaboh sekitarnya.

Tiba di Banda Aceh pada Sabtu (8/6/2024) sore atau malam, para JCH Abdya diistirahatkan satu malam di Hotel Hijrah di Lambaro. Kemudian esoknya, Minggu (9/6/2024), pukul 8.00 WIB para JCH masuk Asrama Haji  Embarkasi Banda Aceh.

Lalu, hari Senin (10/6/2024), pukul 11.05 WIB, terbang dengan Pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Internasional SIM Blangbintang, Aceh Besar menuju Jeddah, Arab Saudi.

Penulis Zainun Yusuf (Aceh Barat Daya)

Kata Kunci (Tags):
kloter btj 12 aceh, jch abdya, pj bupati abdya, Ketua Kloter 12 BTJ Aceh,

Berita Terkini

Haba Nanggroe