Jadi Caleg DPRK, Bandar Sabu Buronan Polisi di Aceh Ditangkap

Penangkapan dilakukan setelah beredar informasi ZL menjadi caleg padahal masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Ditresnarkoba Polda Aceh.
Foto: Ilustrasi narkoba (Ari-detikcom)

Iklan Baris

Lensa Warga

ACEH TIMUR | ACEHHERALD.COM – Seorang bandar sabu di Aceh Timur, Aceh, ZL, ditangkap polisi usai setahun diburu. ZL diketahui sudah mendaftarkan diri sebagai Caleg DPR Kabupaten Aceh Timur dari PKB.

ZL ditangkap tim Satresnarkoba Polres Aceh Timur pada Rabu (15/11) sore. Penangkapan dilakukan setelah beredar informasi ZL menjadi caleg padahal masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Ditresnarkoba Polda Aceh.

“Setelah adanya informasi itu saya perintahkan Kasatnarkoba untuk mengkonfirmasi ke Ditnarkoba. Hasil konfirmasi diketahui bahwa yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai DPO sejak 20 November 2022,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Menurutnya, ZL merupakan DPO kasus kepemilikan sabu seberat 20 kilogram. Usai memastikan ZL merupakan buronan, personel Satresnarkoba Polres Aceh Timur melakukan penyelidikan untuk memburu ZL.

Pelaku akhirnya tak berkutik saat diciduk. Andy menjelaskan, ZL akan diserahkan ke Ditresnarkoba Polda Aceh untuk menjalani pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut.

Andy juga membeberkan alasan polisi menerbitkan SKCK sehingga ZL dapat mendaftarkan diri sebagai caleg. Menurutnya, Polres Aceh Timur sebelumnya belum pernah menangkap ZL dan tidak memperoleh informasi pria tersebut masuk DPO.

“Sedangkan DPO yang beredar di media sosial itu dikeluarkan oleh Ditresnarkoba Polda Aceh. Terkait terbitnya SKCK atas nama ZL, kami sampaikan bahwa, siapa saja bisa mengajukan permohonan SKCK, walaupun si pemohon dalam keadaan bermasalah tetapi dalam keterangannya dicantumkan bahwa si pemohon pernah atau sedang menjalani proses hukum,” jelas Andy.

“Contohnya begini, misal masyarakat ingin membuat SKCK, kami pihak kepolisian tetap akan menerbitkan, namun di dalam SKCK itu nanti akan dicantumkan apakah si pemohon tidak dalam masalah hukum, sedang proses hukum atau sudah pernah menjalani proses hukum,” lanjutnya.

Baca Juga:  PDIP-PSI Disarankan Cari Kompetitor Anies, Bukan Puan, Pranowo, dan ...

Sumber : detik.com

Kata Kunci (Tags):
bandar sabu, caleg bandar sabu ditangkap, bandar sabu buronan polisi ditangkap, aceh timur, dpo polda aceh,

Berita Terkini

Haba Nanggroe