Gempa Magnitudo 6,4 Goyang Pesisir Barat Aceh

MEULABOH – Gempa berkekuatan sedang menggoyang sebaian pesisir Barat-Selatan Aceh, Selasa (07/01/2020) sekira pukul 13.05 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa itu berkekuatan M 6,4. Seperti dikutip dari akun Twitter resmi BMKG @infoBMKG, pusat gempa berada di laut, tepatnya 24 kilometer barat daya Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue. BMKG juga melaporkan, kedalaman … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

MEULABOH – Gempa berkekuatan sedang menggoyang sebaian pesisir Barat-Selatan Aceh, Selasa (07/01/2020) sekira pukul 13.05 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa itu berkekuatan M 6,4. Seperti dikutip dari akun Twitter resmi BMKG @infoBMKG, pusat gempa berada di laut, tepatnya 24 kilometer barat daya Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue.

BMKG juga melaporkan, kedalaman gempa mencapai 13 kilometer dan dirasakan hingga Medan. Perinciannya (MMI) III Tapak Tuan, III Singkil, III Gunung Sitoli, III Nias Utara, II – III Medan, II Nias Barat, II Meulaboh.
Isnaini (57) seorang warga Kota Meulaboh yang dihubungi oleh Acehherald.com, mengakui tidak mrasakan adanya gempa dimaksud. “Mungkin karena kekuatannya redah, maka kami di rumah tak begitu merasakannya,” Isnaini, seorang ibu rumah tangga.

Gempa juga tak dirasakan oleh warga Banda Aceh dan Aceh Besar. HIngga aktifitas masyarakat berlangsung seperti biasa. Bahkan acara peringatan maulid nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh komunitas wartawan dari Kaukus Wartawan Peduli Syaiat Islam (KWPSI) di Banda Aceh, berlansung aman aman saja.

Dari Singkil dilaporkan, gempa sekitar pukul 13.05 WIB itu dirasakan  warga Singkil. Berdasarkan pantauan, banyak warga berhamburan keluar rumah dan areal kantor.

Getaran gempa sangat terasa di Desa Pulo Sarok, Singkil, yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil.

Sebab dikawasan itu merupakan kawasan gambut. Jangankan karena gempa, menghentak kan kaki di atas tanah saja  membuat tanah terasa bergetar.

Berdasarkan info BMKG gempa berkekuatan 6,4 SR, lokasi 2,29 LU, 96,24 BT atau 24 kilometer Barat Daya Sinabang.

 

 

Penulis      : Nurdinsyam

 

Baca Juga:  Baru Hitungan Jam Menjabat, WA Pj Bupati Aceh Besar Dicatut Penipu

Berita Terkini

Haba Nanggroe