Dr Fifi Yusmita Terima Hibah WCU Program International Teaching Grant dari USK, Ini Manfaat Bagi Mahasiswa

Hibah WCU Program International Teaching Grant yang diterima tersebut dimasudkan untuk pengembangan metode pembelajaran mata kuliah sistem informasi akuntansi (SIA) dengan judul ‘Penerapan Pembelajaran Case Method dan/atau Team-Based Project pada mata kuliah SIA’.
Dr. Fifi Yusmita, SE. M.Si. CIISA. CHRA. CFA. CRMP. CIFA., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi USK. Foto dokumentasi pribadi

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH I ACEHHERALD.com – Dr. Fifi Yusmita, SE. M.Si. CIISA. CHRA. CFA. CRMP. CIFA., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi, menerima hibah World Class University (WCU) Program International Teaching Grant dari Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

Hibah WCU Program International Teaching Grant yang diterima tersebut dimasudkan untuk pengembangan metode pembelajaran mata kuliah sistem informasi akuntansi (SIA) dengan judul ‘Penerapan Pembelajaran Case Method dan/atau Team-Based Project pada mata kuliah SIA’.

“Hibah ini, merupakan bagian dari program Enhancing Quality Education for International University Recognition (EQUITY) di USK yang bertujuan meningkatkan reputasi internasional universitas,” kata  Dr. Fifi Yusmita kepada Aceh Herald.com, Selasa (11/6/2024).

Fifi Yusmita yang saat ini menjabat sebagai Koordinator International Accounting Program menjelaskan bahwa program EQUITY  dirancang untuk mendorong dosen dalam mengembangkan metode pengajaran inovatif yang partisipatif dan kolaboratif, sesuai dengan kurikulum Outcome Based Education (OBE).

Metode pembelajaran yang diterapkan meliputi Problem-Based Learning (Case Method), dan Project-Based Learning (Team-Based Project) fokus pada pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan proyek.

Pendekatan ini, katanya,  tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mahasiswa, tetapi juga melatih keterampilan profesional dan interpersonal mereka. Proses pembelajaran Problem-Based Learning (Case Method) dan Project-Based Learning (Team-Based Project) menawarkan banyak manfaat bagi mahasiswa.

Dosen Fakultas Ekonomi USK ini lebih lanjut menjelaskan bahwa melalui metode Case Method, mahasiswa dihadapkan pada situasi nyata yang membutuhkan solusi praktis, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan analitis dan kemampuan berpikir kritis.

“Metode ini, juga mendorong pembelajaran aktif dan mandiri, di mana mahasiswa mencari informasi, menganalisis data, dan membuat sebuah keputusan,” ungkap dosen yang terkenal sangat aktif ini.

Baca Juga:  Kegiatan Satu Jam Bersih Pantai Berlanjut di Ujong Batee

Sementara itu, Project-Based Learning (Team-Based Project) melibatkan mahasiswa dalam proyek-proyek berbasis tim yang membantu mereka mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan interpersonal, serta kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif.

“Kedua metode ini, memberikan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual, membuat pembelajaran lebih aplikatif dan praktis,” kata Fifi.

Manfaat dari kedua metode ini juga signifikan dalam menciptakan lulusan terbaik. Sebab, mahasiswa yang terbiasa dengan Problem-Based Learning akan lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja yang kompleks dan tidak terstruktur.

Sementara mereka yang terlatih dalam Project-Based Learning akan memiliki keterampilan manajemen proyek yang baik.

“Kedua metode ini juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan kepemimpinan mahasiswa, serta kemampuan untuk beradaptasi dan berinovasi dalam berbagai situasi. Sehingga lulusan yang dihasilkan siap untuk sukses dalam karier profesional mereka, memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif, memimpin tim, dan memberikan solusi inovatif,” papar Dosen Dr Fifi Yusmita.

Lebih jauh ditekankan bahwa keberhasilan metode tersebut sangat bergantung pada desain yang baik dan dukungan dari mitra. Metode pembelajaran ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik, dinamis dan kreatif.

Hibah yang diperoleh oleh Dr. Fifi Yusmita juga menandai langkah penting dalam upaya berkelanjutan USK untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan inovatif serta untuk mencapai pengakuan sebagai universitas kelas dunia.

Penulis: Zainun Yusuf (Banda Aceh)

Kata Kunci (Tags):
fifi yusmita, hibah world class university, wcu, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi, universitas syiah kuala, usk, program equity,

Berita Terkini

Haba Nanggroe