Dirlantas Polda Aceh: Angkutan Barang Dilarang Mengangkut Penumpang

"jika nanti ditemukan mobil bak terbuka yang mengangkut penumpang maka akan dikenakan sanksi tilang. Jadi, kami imbau masyarakat agar tidak membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain dengan menumpangi mobil bak terbuka," demikian, kata Iqbal.
Dirlantas Polda Aceh.

Iklan Baris

Lensa Warga

BANDA ACEH | ACEHHERALD.com – Setiap angkutan kendaraan, khususnya mobil didesain dengan bentuk dan fungsi berbeda. Misalnya mobil bak terbuka yang diperuntukkan membawa barang, bukan mengangkut penumpang, kareanya dilarang digunakan untuk mengangkut penumpang karena sangat berbahaya.

Ditlantas Polda Aceh, M Iqbal Alqudusy mengatakan, berdasarkan fungsi dan aturannya, kendaraan mobil bak terbuka dilarang untuk mengangkut penumpang. Hal itu disebabkan kendaraan bak terbuka berbahaya bagi Keselamatan penumpang dan tidak sesuai dengan kegunaan dan fungsi dari kendaraan tersebut, ujarnya, Selasa (2/4/2024).

Oleh karena itu, ia meminta pengemudi mobil barang untuk tidak membawa penumpang. Selain berbahaya, menaikkan penumpang dalam mobil barang atau bak terbuka, apabila terjadi Lakalantas akan memakan korban jiwa baik yang menyebabkan luka ringan, luka berat, bahkan meninggal dunia.

ilusrasi mobil barang.

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mobil barang dilarang untuk mengangkut penumpang, ulas Iqbal.

Pihaknya berpesan, “jika nanti ditemukan mobil bak terbuka yang mengangkut penumpang maka akan dikenakan sanksi tilang. Jadi, kami imbau masyarakat agar tidak membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain dengan menumpangi mobil bak terbuka,” demikian, kata Iqbal.

Baca Juga:  Taqwallah Instruksikan Pejabat Fungsional Tingkatkan Etos Kerja
Kata Kunci (Tags):
dirlntas polda aceh, m ikbal al qudusy, mobil barang, mobil penumpang

Berita Terkini

Haba Nanggroe