Belasan Ribu Jamaah Ramaikan Zikir Rateb Siribee

BANDA ACEH I ACEHHERAKD.com – Belasan ribu jamaah–bahkan ada yang menaksir mencapai 20 ribu lebih– larut dalam kekhusyukan zikir rateb siribee di Lapangan Blang Padang, Senin (30/12/2019) malam ini. Hujan gerimis yang sempat mengguyur kawasan Banda Aceh dan sekitarnya, tak menyurutkan animo jamaah untuk mendatangi lokasi zikir. Pantauan Acehherald.com, jamaah sudah mulai berdatangan bakda magrib. … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

Foto Ibrahim Sihombing

BANDA ACEH I ACEHHERAKD.com – Belasan ribu jamaah–bahkan ada yang menaksir mencapai 20 ribu lebih– larut dalam kekhusyukan zikir rateb siribee di Lapangan Blang Padang, Senin (30/12/2019) malam ini. Hujan gerimis yang sempat mengguyur kawasan Banda Aceh dan sekitarnya, tak menyurutkan animo jamaah untuk mendatangi lokasi zikir.

Pantauan Acehherald.com, jamaah sudah mulai berdatangan bakda magrib. Sejenak usai shalat Insya, lokasi zikir yang telah dipersiapkan sejak tiga  hari terakhir, telah dipenuhi jamaah. Mereka adalah majelis zikir MPTT (Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf) di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Serta ada juga yang datang dari luar kedua kawasan tersebut.

Acara zikir akbar itu dihelat oleh Pemko Banda Aceh dalam rangka memperingati 15 tahun musibah gempa dan tsunami yang pernah melanda Banda Aceh dan sekitarnya.

Zikir massal rateb siribee itu dipimpin oleh Pimpinan Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) I Asia Tenggara, Abuya Syeich H Amran Waly Al-Khalidi, yang juga Pimpinan Pesantren Darul Ihsan Labuhan Haji, Aceh Selatan.

Foto Ibrahim Sihombing

Abuya telah berada di Band Aceh, sejak Senin pagi, dan telah diterima secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SE,Ak MM di Meuligoe Kota Banda Aceh, Senin siang.

Selain para tokoh MPTT Banda Aceh dan Aceh Besar yang notabene dari kalangan pesantren Al Waliyah yang tersebar seantero Aceh, tampak hadir di pentas utama, Wali Kota Aminullah yang ikut mendampingi Abuya Syeich Amran Wali.

Sebelumnya Wali Kota Aminullah Usman mengatakan, kegiatan zikir itu untuk mengenang para syuhada tsunami. “Sembari berzikir kita akan mengirimkan doa kepada ratusan ribu syuhada korban tsunami. Dan juga sebagai ungkapan syukur karena kita telah mampu bangkit lebih kuat hari ini, Selain itu juga bekal rohaniah untuk menyongsong tahun 2020” kata Aminullah, Senin (30/12/2019) di sela sela menghadiri acara Khanduri Molod PWI Aceh..

Baca Juga:  Raup 290 Electoral Votes, Joe Biden Bersiap Menuju Gedung Putih

Untuk menyukseskan kegiatan akbar ini, Pemko telah menyiapkan lokasi yang mampu menampung jamaah hingga 30 ribu lebih.

Foto Ibrahim Sihombing

Kabag Keistimewaan dan Isra Setdakota Banda Aceh yang juga sekretaris panitia, Arie Maula Kafka mengatakan, lokasi tempat zikir digelar telah disiapkan dari beberapa hari yang lalu. Selain panggung utama berukuran 12 x 10 meter, juga tersedia panggung untuk ibu-ibu berukuran 6 x 10 meter. Untuk para jemaah, sudah didesain sedemikian rupa dimana ada ratusan tenda berukuran besar yang ditempakan berhadapan dengan panggung utama.

Tampak, jamaah laki-laki dan perempuan ditempatkan terpisah, dimana jamaah laki-laki mengisi sebelah kiri pangggung utama, dan perempuan di sebelah kanan.

Seusai acara zikir rateb siribee, acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh, KH Rohimuddin Nawawi Al-Banteni, Pendiri Ma’had An-Nawawi Al-Islami. KH Rohimuddin yang tampil dengan  gaya khas nya mampu menghipnotis belasan ribu jamaah yang tak beringsut sedikitpun hingga cara berakhir.

 

 

Penulis       : Ibrahim Sihoming/Nurdinsyam

 

 

Berita Terkini

Haba Nanggroe