Banjir Tangse, Puluhan Rumah dan Sejumlah Fasilitas umum Rusak

SIGLI I ACEH HERALD HUJAN deras yang terjadi sejak Jum’at 29/10 sore, di kawasan Tangse, Pidie, Provinsi Aceh, menyebabkan sungai Krueng Peunalom meluap dan menggenangi pemukiman penduduk serta merusak sejumlah fasilitas publik lainnya. Dari laporan BPBD Pidie, Sabtu (30/10/2021) bahwa rumah warga di tiga gampong, Gampong Peunalom I, Peunalom II dan Gampong Layan tergenang air … Read more

Iklan Baris

Lensa Warga

Dampak banjir Tangse. Foto kiriman  Asnawi  Ali

SIGLI I ACEH HERALD

HUJAN deras yang terjadi sejak Jum’at 29/10 sore, di kawasan Tangse, Pidie, Provinsi Aceh, menyebabkan sungai Krueng Peunalom meluap dan menggenangi pemukiman penduduk serta merusak sejumlah fasilitas publik lainnya.

Dari laporan BPBD Pidie, Sabtu (30/10/2021) bahwa rumah warga di tiga gampong, Gampong Peunalom I, Peunalom II dan Gampong Layan  tergenang air bercampur lumpur. Ketinggian air bercampur lumpur di pemukiman warga mencapai 30 cm lebih.

Genangan air bercampur lumpur juga menyebabkan kerusakan sejumlah rumah serta barang -barang milik warga. Selain itu banjir telah menyebabkan kerusakan parah pada jalan, tebing sungai, pintu air  dan Oprit jembatan. Ada sekitar 3 Km fasilitas tersebut mengalami kerusakan, sebut laporan tadi.

Di Gampong Layan, 40 unit rumah rusak dan 1 unit Sekolah Dasar. Fasilitas lain yang rusak meliputi Jalan, Tebing Sungai, Pintu air dan Oprit Jembatan. Sementara Gampong Peunalom I dan II juga mengalami kerusakan berbagai fasilitas, meliputi rumah warga, Jalan, Tebing Sungai, Pintu Air dan Oprit Jembatan.

Kalak BPBD Pidie, Ir. Dewan Ansari, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, H. Junidar, S.Sos, M.M, bahwa hujan yang terjadi sejak Jum’at sore telah menyebabkan banjir bercampur lumpur oleh meluapnya sungai Krueng Peunalom. “Saat ini pihak BPBD masih memantau dan mendata dampak diakibatkan banjir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kerugian material belum bisa diperkirakan, kita masih melakukan pendataan,” jelas H.Junidar.

Baca Juga:  Kompor Meledak Dapur Ludes

Berita Terkini

Haba Nanggroe