Atasi Banjir Tiap Tahun, Tokoh Barsela: Sungai Geulombang Trumon Harus Diluruskan

Harusnya dilakukan pelurusan Sungai Geulombang di kawasan Trumon. Jika itu dilakukan, maka banjir yang rutin terjadi di Trumon dan Aceh Singkil, Insya Allah akan aman, ucapnya.
Fadhli Ali, SE, MSi., tokoh Barsela, saat membersihkan sisa lumpur banjir bandang di Kawasan Trumon, Aceh Selatan. Foto HO.

Iklan Baris

Lensa Warga

TAPAKTUAN | ACEHHERALD.com – Banjir menjadi langganan setiap hujan datang di beberapa kawasan di Aceh Selatan, Subulussalam dan Kabupaten Singkil. Terakhir, hujan lebat yang turun di kawasan paling barat Aceh itu sejak Senin (20/11/2023) sore, telah menyebabkan terjadinya banjir luapan pada sejumlah kecamatan hingga banjir bandang.

Menyikapi persoalan banjir itu, seorang tokoh masyarakat barat selatan (Barsela), Fadhli Ali, SE. M.Si., menyarankan pemerintah untuk melakukan pelurusan Sungai Geulombang di kawasan Trumon.

“Harusnya dilakukan pelurusan Sungai Geulombang di kawasan Trumon. Jika itu dilakukan, maka banjir yang rutin terjadi di Trumon dan Aceh Singkil, Insya Allah akan aman,” ucapnya, Selasa (05/12/2023).

Fadhli yang mantan staf Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD Nias itu berpengalaman ketika ia mengusulkan pelurusan Sungai Krueng Babahrot, Aceh Barat Daya. “Kala itu, BRR mau menyahuti usulan saya, dan program pelurusan Sungai Babahrot dilakukan, Insya Allah sekarang, disana jarang kita mendengar banjir,” kata Fadhli lagi.

Jika dilakukan pelurusan, hanya perlu pembangunan kanal baru sepanjang 20 kilometer, sebagaimana dalam peta google itu, menurut Fadhli Ali, banjir luapan itu bisa dibereskan.

Dijelaskan Fadhli Ali, kejadian banjir di Trumon, Aceh Selatan dan Singkil itu sama seperti kejadian banjir luapan Krueng Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang melintasi 14 desa dari 4 tiga kecamatan, yakni Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa, dan Susoh.

“Pasca pelurusan sungai atau Krueng Babahrot sejak tahun 2007-2008, sekarang wilayah 14 desa dan 4 kecamatan itu sudah total aman dari banjir,” ujarnya.

Karenanya, tambah Fadhli, solusi penanganan semacam itu perlu dilakukan oleh Pemkab Aceh Selatan supaya kawasan tersebut tidak terus-terusan menjadi langganan banjir.

Informasi yang diterima Fadhli Ali, hingga Senin malam, banjir menggenangi ruas jalan  nasional di Desa Pulau Paya, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan. Akibatnya, arus transportasi dilaporkan ikut terganggu akibat banjir luapan tersebut.

Baca Juga:  Karo Ops Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Aksi Damai 11 April
Kata Kunci (Tags):
banjir, banjir bandang, banjir trumon, banjir aceh selatan, banjir aceh singkil, sungai geulombang, tokoh barsela, fadhli ali,

Berita Terkini

Haba Nanggroe