7 Februari Pemko Lhokseumawe Gelar Pasar Tani Raya

Harga komoditas pangan lebih murah daripada harga pasaran, jadinya pembeli mendapatkan harga lebih murah karena petani komoditas perkebunan bisa menjual kepada konsumen secara langsung.
Foto Screnshoot selebaran informasi pasar Tani Raya 2024 pada Rabu tanggal 7 Februari 2024. Foto Yuswardi

Iklan Baris

Lensa Warga

LHOKSEUMAWE | ACEHHERALD.com – Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan (DKP3) Pemko Lhokseumawe, akan menggelar pasar Tani Raya 2024 pada Rabu tanggal 7 Februari 2024.

Pada pukul 09.00 WIB pasar tani tersebut akan digelar di Jalan Lingkar stadion tepatnya di depan SD 12 Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Pj Walikota Lhokseumawe A Hanan dalam rilis yang dikirim oleh Kabag Prokopim Darius mengatakan, pasar tani raya akan menyediakan aneka produk hasil petani Lhokseumawe seperti sayur-sayuran, buah-buahan, pupuk, bibit tanaman, produk olahan perikanan serta sembako murah.

Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum. Harga komoditas pangan lebih murah daripada harga pasaran, jadinya pembeli mendapatkan harga lebih murah karena petani komoditas perkebunan bisa menjual kepada konsumen secara langsung.

“Masyarakat bisa mendapatkan komoditas pangan dengan harga lebih murah di pasar tani raya ini, petani bisa menjual langsung hasil perkebunannya kepada konsumen,” katanya.

Menurut  A Hanan, pasar tani raya merupakan salah satu cara Pemko untuk mengendalikan inflasi harga kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Pj Walikota nyatakan komitmen untuk menggelar pasar tersebut secara rutin dan berkelanjutan.  Acara yang dilaksanakan itu bernilai positif dan dapat menguntungkan dua belah pihak anatara petani juga pembeli atau konsumen.

Klinik Hewan Gratis

Sementara itu, selain menyediakan berbagai produk hasil tani, Pemko juga sediakan klinik hewan secara gratis. Peternak bisa memanfaatkan fasilitas klinik hewan ini diantaranya untuk pemeriksaan kesehatan hewan, pelayanan kesehatan untuk hewan sakit, dan konsultasi kesehatan hewan.

Pembukaan Pasar Tani Raya 2024 ini wujud dari kolaborasi antara Pemko Lhokseumawe dengan Kementrian Pertanian, Badan Pangan Nasional (Bapanas), Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Perum Bulog, Bank Indonesia, Bank Aceh dan Bank BSI.

Baca Juga:  Bangun Sinergitas dengan Perguruan Tinggi, Bank Aceh Teken MoU Dengan Forum Rektor

Penulis : Yuswardi

Kata Kunci (Tags):
pj walikota lhokseumawe, pasar tani raya, pasar tani, dkp3 kota lhokseumawe, kabag prokopim Darius,

Berita Terkini

Haba Nanggroe