2 Warga Eks PLTD Hagu Tengoh Lhokseumawe Curi Kabel PLN di Takengon

Pencurian kabel tersebut terjadi di tiga lokasi, yakni diwilayah Desa Pinangan dan Desa Paya Reje, Kecamatan Kebayakan serta Desa Merodot Kecamatan Bintang.
Dua tersangka pencuri kabel listrik asal Lhokseumawe diamankan Sat Reskrim Polres Aceh Tengah. Foto Ist

Iklan Baris

Lensa Warga

TAKENGON I ACEHHERALD.com – Dua warga Jalan Listrik, Gampong Hagu Tengoh, Kecamatan Banda Sakti, yang juga merupakan lingkungan sekitar kawasan bekas Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Lhokseumawe, diamankan Satreskrim Polres Aceh Tengah.

Keduanya pelaku yang ditangkap karena kedapatan sedang mencuri kabel listrik milik PLN di kawasan Aceh Tengah, yakni inisial MA (33) dan RR (27).

Aksi pencurian kabel tersebut terjadi di tiga lokasi, yakni diwilayah Desa Pinangan dan Desa Paya Reje, Kecamatan Kebayakan serta Desa Merodot Kecamatan Bintang. Pencurian terjadi pada Sabtu (1/06/24), sekira pukul 11.00 Wib sampai malam hari.

Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, melalui Kasat Reskrim Iptu Andika Ardiansyah, kepada awak media, Senin (03/06/24) mengatakan, pelaku MA diamankan pada hari kejadian oleh warga bersama pihak PLN dan Polsek Linge.

Sedangkan RR sempat buron dan di tangkap keesokan harinya Minggu (2/06), sekira pukul 10.40 Wib di kawasan Simpang Simpil Desa Penarun, Kecamatan Linge.

Andika menjelaskan kronologis kejadian, pencurian kedua warga Lhokseumawe tersebut bermula saat kedua pelaku berangkat dari Kota Lhokseumawe menggunakan sepeda motor R2. Kedua pelaku tiba di Kota Takengon pukul 11.00 Wib dan melakukan pencurian dengan cara memotong Kabel Optik dan NT FUSE  dari tempat Box milik PLN.

“Pencurian kabel listrik milik PLN  itu terjadi di tiga lokasi Box milik PLN, yakni diwilayah Desa Pinangan dan Desa Paya Reje di Kecamatan Kebayakan dan Desa Merodot Kecamatan Bintang,” tutur Andika.

Lanjut Andika, pada saat kedua pelaku melakukan aksi ketiganya di Desa Merodot Kecamatan Bintang, warga sekitar merasa curiga dan hendak menanyakan kegiatan para pelaku itu, namun kedua pelaku panik dan langsung melarikan diri kearah Blang Kejeren dengan kendaraannya.

Baca Juga:  Turki dan Yunani Sepakat Lanjutkan Negosiasi di NATO

Di tengah pelariannya, ungkap Andika, tepatnya di Simpang Simpil Desa Penarun Kecamatan Linge, sepeda motor milik pelaku mogok karena kehabisan bahan bakar dan saat itu juga anggota PLN bersama warga dan Polsek Linge mengamankan pelaku.

Sedangkan RR sempat buron, namun tidak butuh waktu lama, esok harinya, Minggu pukul 10.40 Wib pelaku di ringkus oleh warga dan Polsek Linge.

Selanjutnya pelaku di serahkan ke Sat Reskrim Polres Aceh Tengah untuk proses lebih lanjut.

“Saat ini kedua pelaku bersama barang bukti sudah kita amankan, guna proses lebih lanjut,” tutup Andika.

Penulis Robby

Kata Kunci (Tags):
satreskrim polres aceh tengah, polres aceh tengah, polsek linge, pencuri kabel pln,

Berita Terkini

Haba Nanggroe